JK: Pasangan Calon Petahana Diuntungkan karena Lebih Dikenal

Husen Miftahudin    •    10 Desember 2015 18:44 WIB
pilkada serentak
 JK: Pasangan Calon Petahana Diuntungkan karena Lebih Dikenal
Wakil Presiden Jusuf Kalla--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan beberapa lembaga survei mencatat, pasangan calon petahana (incumbent) mendominasi kemenangan di hampir semua daerah dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2015. Seperti yang terjadi di Kota Tangerang Selatan, Banten, Kota Surabaya, Jawa Timur, dan Kabupaten Siak, Riau.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan, pasangan calon petahana lebih diuntungkan karena banyak dikenal masyarakat.

"Itu kan harus dikenal, disukai, kemudian dipilih. Selama incumbent disukai, pasti terpilih karena lebih mudah dikenal. Itu keutamaan incumbent, apalagi sistem kampanye sekarang tidak boleh berlebih-lebihan akibatnya incumbent itu lebih mudah," beber JK ditemui di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (10/12/2015).

JK menuturkan, secara keseluruhan pelaksanaan Pilkada serentak 2015 ini aman karena tak ada laporan konflik yang terjadi. Meski terdapat insiden kecil, namun menurut dia hal tersebut bukanlah pokok yang mencederai pelaksanaan Pilkada serentak.

"Bagus pelaksanaannya, aman dan tidak ada konflik-konflik yang dilaporkan. Secara keseluruhan oke. Kita lihat nanti pada saat memutuskan hasilnya," pungkas JK.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis jumlah paslon yang mendaftar Pilkada serentak 2015 sebanyak 810 calon yang tersebar di 269 daerah. Sebanyak 122 paslon di antaranya merupakan calon incumbent.


(MEL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

14 hours Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /