Menkumham: Riza Chalid Out of The Country

Al Abrar    •    10 Desember 2015 21:23 WIB
pencatut nama presiden
Menkumham: Riza Chalid <i>Out of The Country</i>
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. (Foto: Metrotvnews.com/LB Ciputri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk memanggil taipan minyak Riza Chalid ke sidang kandas. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly memastikan keberadaan Riza sudah di luar negeri.

"Out of the country," kata Yasonna singkat di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Riza diduga ikut serta dalam pemufakatan jahat bersama Ketua DPR Setya Novanto dalam perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia dengan mencatut nama presiden dan wakil presiden.

Terkait rekaman yang kini dipersoalkan oleh Novanto, Politikus PDIP ini enggan berkomentar. Soal legal standing rekaman kata Yasonna itu urusan legislatif.

"Saya enggak boleh komentar. Ini kan domainnya DPR, biarkan semuanya diserahkan oleh DPR," ujar Yasonna.

Sebelumnya MKD memastikan bakal memanggil Riza Chalid. Riza harus menerangkan soal dugaan pertemuan Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin.

"Sudah dipanggil kok. Tapi nyatanya orangnya tidak ada di Indonesia," kata anggota MKD Ahmad Bakri saat dihubungi, Kamis (10/12/2015).

Sebenarnya MKD sudah membuat beberapa rencana terkait masalah ini, termasuk memeriksa Riza. MKD tak menyangka Novanto tidak mengakui suara yang direkam oleh Maroef adalah dirinya.

"Itu yang menyebabkan mundur lagi," ujar Bakri.

Karena itu, menurut dia, MKD memerlukan rekaman asli pembicaraan Novanto dan Maroef yang diduga berisi permintaan saham PT Freeport Indonesia. Politikus PAN ini yakin kebenaran terungkap bila rekaman asli diputar di persidangan.


(MEL)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

8 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /