BDF VIII Tegaskan Pentingnya Tata Kelola Pemerintahan Efektif

Fajar Nugraha    •    11 Desember 2015 08:27 WIB
bali democracy forum viii
BDF VIII Tegaskan Pentingnya Tata Kelola Pemerintahan Efektif
Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan BDFVIII (Foto: Dok. Kemlu)

Metrotvnews.com, Nusa Dua: Pemajuan demokrasi yang berkembang inklusif dan berkesinambungan di berbagai negara ditegaskan kembali dalam sesi perdebatan umum Bali Democracy Forum (BDF) VIII.

Menteri Luar Negeri RI, Retno L.P. Marsudi memimpin langsung sesi tersebut di mana sebanyak 37 Ketua Delegasi serta satu Pimpinan Organisasi Internasional menyampaikan pidato mereka.

"Sejumlah Negara menyampaikan apresiasi kepada Indonesia atas upaya-upaya yang berkesinambungan dalam memajukan demokrasi melalui forum BDF. Para peserta juga sepakat bahwa masing-masing negara memiliki keunikan dalam menjalankan demokrasi. Tidak ada 'one size fits all' dalam penerapannya," pernyataan Kementerian Luar Negeri, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (11/12/2015).

Pandangan lain yang mengemuka adalah bahwa demokrasi lebih dari sekedar pemilihan umum, namun menuntut langkah-langkah yang dapat memastikan kesinambungan dari proses tersebut. Melalui tata kelola pemerintahan yang efektif diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui pemerintahan yang transparan dan akuntabel.

Beberapa negara menyampaikan pentingnya menanamkan prinsip-prinsip dasar tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif serta penegakan hukum dalam pelaksanaan demokrasi. Disamping itu, ditekankan pula pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi tantangan dunia global seperti korupsi, terorisme, perubahan iklim serta masalah kemiskinan.

"Para peserta juga meyakini bahwa tata kelola pemerintahan yang efektif dapat mendukung implementasi Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, khususnya Goal 16 mengenai perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang kuat," lanjut pernyataan itu.

Menlu Retno menyampaikan apresiasi kepada negara-negara peserta atas keterbukaannya dalam menyampaikan perkembangan demokrasi di masing-masing negara.
(FJR)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

2 days Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /