Kuasa Hukum RJ Lino Sebut Penggeledahan di Pelindo II Menyalahi Prosedur

Meilikhah    •    11 Desember 2015 08:49 WIB
pelindo ii
Kuasa Hukum RJ Lino Sebut Penggeledahan di Pelindo II Menyalahi Prosedur

Metrotvnews.com, Jakarta: Kuasa Hukum Dirut PT Pelindo II RJ Lino, Fredrich Yunadi, menilai penggeledahan kantor Dirut PT Pelindo II di Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Kamis 10 Desember kemarin menyalahi prosedur. Fredrich menyebut tindakan Bareskrim berlebihan.

"Penyidik Bareskrim dari Tipideksus dan Tipikor sangat berlebihan. Selain datang 35 anggota, juga bawa 23 pasukan Brimob dengan senjata laras panjang seperti mau menangkap teroris saja," kata Fredrich, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/12/2015).

Selain menempatkan anggota yang berlebihan, Fredrich juga menilai penggeledahan kantor Dirut PT Pelindo II tak punya izin resmi. Pasalnya, penyidik membawa izin penggeledahan dari Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, padahal Pelindo berada di Jakarta Utara.

"Pelido itu di Priok, wilayah hukum Jakarta Utara bukan wilayah hukum Jakarta Pusat. Dalihnya minta izin ke PN Tipikor tapi yang mengajukan permohonan Direktur Tipideksus," kata Fredrich.

Menurut dia, penggeledahan tersebut tak memiliki legalitas dengan meminta izin geledah ke PN Tipikor. Hal ini, kata dia, menunjukan penyidik Bareskrim Polri tak profesional dalam menjalankan tugas.

"Itu membuktikan mereka, penyidik yang datang tidak ngerti hukum. Tidak patuh hukum serta sengaja memperkosa hukum. Apa itu layak disebut sebagai penegak hukum?" jelasnya.

Sebelumnya, puluhan penyidik Bareskrim melakukan penggeledahan dan uji coba mobile crane hingga tengah malam, Kamis (10/11/2015). Dari penggeledahan, penyidik menyita puluhan bundel berkas, dokumen, dan barang elektronik. Setiap barang dimasukkan ke dalam kardus atau koper besar.

Barang-barang tersebut di antaranya dokumen keluar-masuk barang di pelabuhan, bukti pembelian mobile crane, dan sejumlah transaksi lain. Rencananya, Bareskrim bakal meneruskan penggeledahannya pada Jumat siang-malam. Bareskrim juga berencana meneruskan upaya uji coba mesin penderek itu.


(MEL)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /