MKD Targetkan Hadirkan Riza Sebelum Reses

Githa Farahdina    •    11 Desember 2015 13:38 WIB
pencatut nama presiden
MKD Targetkan Hadirkan Riza Sebelum Reses
Junimart Girsang--Antara/Audy Alwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) segera memanggil pengusaha minyak M. Riza Chalid. MKD menargetkan menghadirkan Riza sebelum masa reses.

"(Sebelum reses) target panggil Riza," kata Wakil Ketua MKD Junimart Girsang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (11/12/2015).

Keterangan Riza, tambah anggota Komisi III itu, sangat penting. Riza dinilai bisa menjadi saksi kunci pertemuan ketiga di Hotel Ritz Carlton, kawasan SCBD, yang pada akhirnya direkam Maroef, Juni 2015.

"Dalam rekaman Riza yang paling dominan berbicara, harus jelaskan kepada publik," ujar politikus PDI Perjuangan itu.

MKD perlu tahu benarkah pertemuan Riza dengan Ketua DPR Setya Novanto dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dalam kasus 'Papa Minta Saham'. Sebab, Novanto sebagai teradu tak mau mengklarifikasi rekaman tersebut dalam sidang Senin 7 Desember.

Kehadiran dan pengakuan Riza akan memudahkan MKD mengambil keputusan kasus pencatutan nama Jokowi-JK terkait perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia ini.

"Ada tidak pertemuan? Kalau ada selesai kan, begitu saja. Kita kan ingin mendalami lebih jauh," tambah dia.

Menurut Junimart, Riza tak akan hadir dalam pertemuan dengan Maroef jika tak atas ajakan Novanto, yang memang berjanji mengenalkan Maroef dengan Riza. Motivasi di balik pertemuan ini yang ingin digali Mahkamah. "Apabila ada pertemuan, selesai, tinggal bobot sanksi ringan, sedang, berat. Kita dalami," ucap Junimart.

Sebaliknya, beberapa pimpinan dan anggota MKD merasa tak perlu ada pemanggilan Riza. Toh, MKD tak berhasil meminjam handphone yang digunakan Riza untuk merekam.

Junimart kurang sepakat soal ini. Ia meminta semua pihak tak terpaku pada handphone. Apalagi MKD sudah memegang salinan rekaman. "Tinggal tanya betul tidak suaramu (Riza)? Kalau enggak mau (menjawab), tinggal konfrontasi (dengan Novanto dan Maroef)," ucap Junimart.

Untuk memutuskan langkah selanjutnya, MKD akan menggelar rapat pimpinan pukul 13.00 WIB. Namun hingga berita ini diturunkan, ruang sidang MKD masih terlihat kosong.

Riza mangkir dari panggilan pertama MKD. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menyebut Riza telah berada di luar negeri 4 Desember lalu.

Pernyataan Yassona dibenarkan oleh Direktur Jenderal Imigrasi Ronny Franky Sompie soal kepergiaan Riza Chalid ke luar negeri.

"Ya sesuai dengan data perlintasan di Pusat Data Keimigrasian, yang bersangkutan telah keluar negeri sejak tanggal 3 Desember 2015," tegas Ronny melalui pesan singkatnya kepada Metrotvnews.com

Namun demikian, Yasonna mengaku, tak tahu persis di mana Riza bersenyembunyi. Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada pencekalan bepergian ke luar negeri terhadap taipan minyak itu. Sebab Kemkumham tidak berhak mengeluarkan surat pencekalan.


(YDH)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /