OJK Sebut Potensi Simpanan Pelajar di Bali Besar

   •    11 Desember 2015 17:00 WIB
ojkperbankan
OJK Sebut Potensi Simpanan Pelajar di Bali Besar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Metrotvnews.com, Denpasar: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bali menilai potensi pembukaan rekening simpanan pelajar (simpel) di provinsi setempat cukup besar dengan tingkat pertumbuhan ekonomi daerah yang dinilai cukup baik.

"Potensinya cukup besar melihat rekening bank banyak juga yang dimiliki pelajar," kata Kepala Bagian Pengawasan OJK Bali Robert Sianipar, seperti dikutip dari Antara, di Denpasar, Jumat (11/12/2015).

Ia menjelaskan, mulai Januari 2016, PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali merupakan satu-satunya bank yang menyatakan kesiapannya mengaktivasi pembukaan program tersebut. "BPD Bali baru mau aktivasi Januari di 2016," jelasnya.

Meski demikian, perbankan tidak diwajibkan atau tidak diharuskan membuka program tersebut. Namun, memang pihaknya mendorong perbankan untuk membuka simpel tersebut. Ia meyakini beberapa perbankan sejatinya telah memiliki program serupa namun dengan ketentuan dan aturan administrasi berbeda pada masing-masing bank.

"Mereka mungkin sudah memiliki program serupa seperti Simpel, tetapi bagaimana perkembangan kantor cabang di Bali mereka mengikuti kantor pusatnya," ujar Robert. 

Saat ini, di Pulau Dewata terdapat 53 kantor cabang bank umum yang berkantor pusat di luar Bali sedangkan bank yang berkantor pusat di Bali hanya ada dua yakni BPD Bali dan Bank Mantap atau gabungan Bank Mandiri, PT Taspen, dan PT Pos.

Simpel dinilai memberikan manfaat edukasi keuangan tentang produk tabungan, mendorong budaya gemar menabung, dan melatih pengelolaan keuangan sejak dini bagi para siswa PAUD, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, SMP, hingga SMA yang berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP.



(ABD)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /