Produk INKA Masih Didominasi Kebutuhan Lokal

Husen Miftahudin    •    11 Desember 2015 19:37 WIB
inka persero
Produk INKA Masih Didominasi Kebutuhan Lokal
Direktur Komersial dan Teknologi INKA Yunendar Aryo Handoko (Foto: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Bandung: PT INKA (Persero) terus menggenjot pendapatan dari ekspor yang dilakukan secara tender. Bahkan, kini perusahaan plat merah tersebut mampu ekspor hingga ke Bangladesh.

Direktur Komersial dan Teknologi INKA Yunendar Aryo Handoko mengakui, ekspor merupakan salah satu jalan memperbesar pendapatan. Pasalnya, ekspor yang dilakukan dengan sistem tender tersebut bernilai kontrak cukup besar.

"Salah satunya karena kalau tender itu kan satu kontrak nilainya besar. Itu kan lebih baik daripada membeli sedikit-sedikit seperti hanya 10 kereta api. Itu kan sangat tidak efisien," ujar Yunendar, usai 'Seminar Penyusunan Strategi Pengembangan Industri Penunjang Perkeretaapian', di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jumat (11/12/2015).

Meski mampu melakukan ekspor kereta api penumpang dan barang ke Bangladesh, tutur Yunendar, namun pendapatan perusahaan masih didominasi dari pembelian dalam negeri, khususnya untuk PT KAI (Persero). Kontribusi ekspor terhadap pendapatan masih di bawah 50 persen.

"Kalau kita dapat pemesanan sekaligus besar kan membantu cash flow perusahaan. Mudah-mudahan tahun depan porsinya menjadi lebih dari 50 persen kalau kita menang tender dan dapat pemesanan dari Bangladesh," pungkas Yunendar.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini INKA tengah mengikuti tender penyediaan kereta api untuk Bangladesh. Orderan tersebut sebanyak 250 kereta api penumpang senilai USD110 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

"Hasil tender akan diumumkan sekitar Januari dengan lawan Tiongkok dan Thailand. Demandnya cukup besar," papar Yunendar.

Sayangnya, pihak INKA saat ini terkendala biaya operasional pengirimannya. "Kalau operator membeli kereta api kan mereka hitung-hitungan operasinya, balik enggak uangnya. Itu saja," tutup Yunendar.



(ABD)

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma
Jelang Atletico vs AS Roma

Data dan Fakta Jelang Atletico Madrid vs Roma

3 hours Ago

Atletico Madrid butuh kemenangan agar asa lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Akan tetapi, …

BERITA LAINNYA
Video /