Oknum Pejabat Jabar Hobi Korupsi Barang dan Jasa

Octavianus Dwi Sutrisno    •    11 Desember 2015 20:05 WIB
kasus korupsi
Oknum Pejabat Jabar Hobi Korupsi Barang dan Jasa
Ilustrasi/MI

Metrotvnews.com, Bandung: Lebih dari seratus kasus tindak pidana korupsi (tipikor) ditangani Kejaksaan Tinggi Jawa Barat dan jajaran Kejaksaan Negeri sepanjang 2015. Adapun jenis korupsi terbanyak yaitu pelanggaran hukum terhadap pengadaan barang dan jasa.

Kepala Kejati Jabar, Feri Wibisono, mengatakan kasus-kasus tersebut ada yang telah disidangkan dan beberapa masih dalam proses penyidikan.

"Ada ratusan perkara tipikor yang kita tangani di Jawa Barat. Angka pastinya tunggu minggu depan. Semuanya ditangani dan di bawah pengawasan saya, termasuk soal nilai kerugian negara dan berapa uang negara yang berhasil kita selamatkan," kata dia di Gedung Kejati Jabar, Jalan LRE Martadinata, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/12/2015).

Feri mengatakan mulai pekan depan akan dilakukan evaluasi terkait perkara yang bisa dipercepat prosesnya dan yang kemungkinan harus diselesaikan hingga tahun depan.

"Ada beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi, seperti menunggu penghitungan kerugian negara, juga menunggu proses pengembangan penyitaan aset dan barang bukti," kata dia.

Salah satu kasus korupsi barang dan jasa yang menyita perhatian di Jawa Barat adalah pengadaan alat kesehatan (alkes) di Dinas Kesehatan Jabar. Selain itu, juga kasus korupsi dana perjalanan dinas DPRD Kota Cimahi.

Urutan kedua parkara terbanyak yang ditangani kejaksaan, yaitu berkaitan dengan pengelolaan keuangan atau anggaran, seperti kasus korupsi dana hibah dan bansos.


(UWA)


Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018
Piala AFF 2018

Nostalgia Kiper Klub Liga Inggris di Piala AFF 2018

10 minutes Ago

Kembalinya Etheridge ke Piala AFF ditandai dengan hasil positif. Filipina berhasil meraih kemen…

BERITA LAINNYA
Video /