KPK Enggan Berpolemik Tanggapi Pernyataan Ahok

Renatha Swasty    •    11 Desember 2015 21:04 WIB
pembelian lahan rs sumber waras
KPK Enggan Berpolemik Tanggapi Pernyataan Ahok
Foto: Plt Ketua KPK Taufiqurachman Ruki (kedua kiri) didampingi Wakil Ketua Zulkarnain (kedua kanan), Plt Wakil Ketua Johan Budi (kiri) dan Indriyanto Seno Adji (kanan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Plt Pimpinan KPK Taufiqurrahman Ruki mempertanyakan logika Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang menyebut dikriminalisasi terkait RS Sumber Waras. Ruki meminta semua pihak menunggu jajarannya bekerja.

"Jangankan ditersangkakan, dipanggil saja belum, diperiksa juga belum, sudah bilang dikriminalisasi, di mana logikanya," ujar Ruki saat dikonfirmasi, Jumat (11/12/2015).

Ruki mengatakan pihaknya tak mau berpolemik dan membuat persoalan menjadi gaduh. Dia meminta semua pihak tenang dan memberi ruang penyelidik untuk bekerja.

"Biarlah para penyelidik KPK bekerja, pada saatnya mereka akan gelar perkara dihadapan penyidik dan penuntut umum dengan dipandu oleh Pimpinan sesuai SOP kami, mekanisme itu yang kami pakai, bukan maunya dan apalagi pikirannya orang per orang, siapapun dia dan apapun jabatannya," tegas Ruki.

Sebelumnya, Ahok menantang KPK memanggil dirinya untuk diperiksa terkait kasus pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras. Ahok menuding ada oknum lembaga antirasywah itu berusaha mengkriminalisasi dirinya.

"Saya juga mau tahu kalau sampai ada oknum penyidik KPK manggil saya karena menganggap ini kerugian. Saya mau tahu, gimana cara (KPK) menghitung, ruginya dimana," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/12/2015).

Ahok tak masalah jika KPK menindaklanjuti audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait kasus pembelian lahan RS Sumber Waras. "Itu hak KPK silakan saja. Silakan saja tindaklanjuti hasil audit itu," kata Ahok.

Ahok menyebut KPK tidak paham soal proses pembelian lahan seluas 3,6 hektar itu. Mantan Bupati Belitung Timur itu menilai, KPK tak tahu malu jika ingin mengkriminalisasinya. Sebab, Ahok pernah mendapat penghargaan sebagai penggiat antikorupsi.

"Mau kriminaliasi Ahok malu dong, Ahok sudah tercatat. Pak Ruki yang kasih penghargaan tiga mitra award antikorupsi di Tugu Proklamasi waktu memperingati hari antikorupsi dunia 2006 akhir," ujarnya.
 


(ALB)

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar
Paris Saint-Germain vs Celtic

Alves tak Terkejut dengan Performa Menawan Neymar

19 hours Ago

Neymar berhasil menyarangkan sepasang gol ke gawang Celtic  pada menit ke-9 dan menit ke-2…

BERITA LAINNYA
Video /