Jelang Akhir Tahun, Dishub DIY Rekayasa Lalu Lintas

Patricia Vicka    •    11 Desember 2015 22:49 WIB
lalu lintas
Jelang Akhir Tahun, Dishub DIY Rekayasa Lalu Lintas
Jalan Malioboro, Yogyakarta. (ANT/Noverandika)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan sejumlah rencana menghadapi meningkatnya wisatawan di libur akhir tahun nanti. Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informasi berencana mengatur ulang rambu-rambu lalu lintas. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan di titik tertentu. 

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo DIY Sigit Haryanta mengatakan akan menurunkan petugas monitoring dan pemantauan di lapangan, khususnya untuk memantau lalu lintas. Para petugas monitoring akan bertugas mengurai kemacetan dibantu aparat keamanan. Dia memperkirakan akan banyak wisatawan yang masuk dan keluar dari Yogyakarta.

Dishub akan mengubah dan mengatur rambu-rambu dan alat pemberi isyarat lalu lintas (APPIL). "Kami akan berkordinasi mengatur arus lalu lintas. Begitu petugas temukan kemacetan di simpang jalan, tim operasional Dishub akan mengubah sinyal traffic light. Sehingga timer bisa dimainkan dan kemacetan bisa ditanggulangi," kata dia, melalui sambungan telepon, di Yogyakarta, Jumat (11/12/2015).

Dishub akan menyetel ulang waktu lampu APPIL di jalan ring road. "Timer akan kita rekayasa. Tidak hanya tiga menit lagi karena antrean kendaraan di simpang APPIL panjang dan bisa menimbulkan kemacetan parah,"  kata dia.

Sebanyak 48 CCTV yang terseber di seluruh DIY juga akan dimaksimalkan untuk memonitor kemacetan. Ia memperkirakan kemacetan akan terjadi di pusat perbelanjaan Malioboro dan pusat-pusat tempat wisata.

"Kami mengimbau warga yang hendak pergi atau keluar Yogyakarta untuk menggunakan jalur alternatif agar tidak terjadi penumpukan di satu titik. Sudah kami pasang rambu-rambut petunjuk arah di jalur alternatif tersebut," kata dia.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta akan memberlakukan satu arah pada liburan akhir tahun. Beberapa titik yang diberlakukan satu arah antara lain di sekitar Stasiun Lempuyangan dan Jalan Prawirotaman.

"Uji coba satu arah di depan Stasiun Lempuyangan akan dilakukan 20 Desember hingga 5 Januari 2016. Sesudah itu Prawirotaman," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Hario Yudho.


(UWA)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

1 day Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /