UMK 2016 Ditetapkan, 3 Perusahaan Minta Penangguhan UMK

Amaluddin    •    11 Desember 2015 22:57 WIB
upah
UMK 2016 Ditetapkan, 3 Perusahaan Minta Penangguhan UMK
Demonstrasi PP Pengupahan. Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Surabaya: Ditetapkannya upah minimum Kabupaten/Kota (UMK) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 membuat tiga perusahaan di Jawa Timur mengajukan penangguhan UMK 2016.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jatim, ‎Totok Nur Handayanto, mengaku telah menerima surat pengajuan penangguhan dari tiga perusahaan itu. "Ketiganya menyatakan tidak mampu menggaji karyawan berdasarkan UMK 2016," kata Totok, di Surabaya, Jumat (11/12/2015).

Totok enggan menyebut tiga perusahaan tersebut.‎ Dia hanya mengatakan dua di antaranya berlokasi di Kota Surabaya. Serta satu lagi di Kabupaten Kediri. "Total karyawan dari tiga perusahaan tersebut mencapai 300 orang," kata dia.

Menurut Totok, pengajuan penangguhan UMK sudah biasa dilakukan perusahaan. Saat ini, kata dia, pihaknya masih meneliti ketiga perusahaan itu. Totok menjelaskan ada enam persyaratan yang harus dipenuhi tiap perusahaan yang mengajukan penangguhan UMK.

Pertama, melampirkan kesepakatan pekerja dan pengusaha. Kedua, melampirkan jumlah karyawan secara keseluruhan. Ketiga, melampirkan neraca perusahaan dua tahun terakhir yang sudah diaudit. 

Keempat, melampirkan akte pendirian perusahaan. Kelima, melampirkan prospek perusahaan dua tahun ke depan. Keenam, melampirkan jumlah yang dimintakan penangguhan, apakah selama tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun ke depan.

Dari tiga perusahaan yang telah mengirimkan surat pengajuan penangguhan UMK tersebut, baru perusahaan asal Kediri yang telah melengkapi enam syarat itu. "Dua perusahaan asal Surabaya masih belum lengkap. Kita tunggu kelengkapannya sampai 21 Desember," kata Totok.


(UWA)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /