Qualcomm Kenalkan Snapdragon 820 di Asia

Mohammad Mamduh    •    12 Desember 2015 17:20 WIB
qualcomm
Qualcomm Kenalkan Snapdragon 820 di Asia
Debut Qualcom Snapdragon 820 di Asia. MTVN/MAMDUH

Metrotvnews.com, Beijing: Setelah diumumkan secara global, Qualcomm secara resmi memperkenalkan prosesor mobile tercanggih yang pernah mereka, Snapdragon 820, di Asia.

Seperti ketika diumumkan pertama kali, prosesor atau SoC (system on Chip) ini merupakan inovasi termutakhir yang pernah ditawarkan Qualcomm. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan arsitektur prosesor mandiri Kryo.

Seperti yang pernah dijelaskan, Kryo merupakan inti prosesor yang dikembangkan secara mandiri oleh Qualcomm. Berbeda dengan ARM Cortex, pengembangan inti prosesor mandiri ini dilakukan demi menopang berbagai macam fitur terbaru dari berbagai aspek, mulai dari kecepatan kalkulasi, kualitas visual, konektivitas jaringan, sampai aspek keamanan.



Fitur penting berikutnya pada Qualcomm Snapdragon 820 adalah konsumsi daya yang lebih irit, yang diklaim mencapai 30 persen, jika membandingkannya dengan generasi pendahulu. Salah satu faktor pendukungnya adalah penggunaan empat inti prosesor, ketimbang Snapdragon 810 yang menggunakan teknologi octa-core.

Dari segi konektivitas, Snapdragon 820 adalah prosesor mobile pertama yang menggunakan modem Snapdragon X12. Selain untuk konektivitas LTE, modem ini sudah mendukung teknologi Tri-Band, yang mendukung kualitas WiFi 60 GHz. Ini memungkinkan modem menyeimbangkan kecepatan antara WiFi dan jaringan seluler 4G LTE ketika berjalan bersamaan. Di saat yang sama, mengurangi interferensi antar keduanya.





Untuk kualitas visual, GPU Adreno 530 memiliki performa 30 persen lebih baik dari Adreno 430. Jika melihat spesifikasi teknis, Adreno 530 menawarkan kecepatan yang sedikit lebih tinggi dibanding pendahulunya.

Tentunya, fitur ini memungkinkan berbagai ponsel yang menggunakan Snapdragon 820 menampilkan visual lebih jernih, bahkan untuk menjalankan game kelas berat.

Qualcomm tidak bisa menyebutkan vendor ponsel mana saja yang telah menjalin kerja sama dengan mereka untuk menanamkan Snapdragon 820. Namun, mereka bisa mengatakan bahwa jajaran smartphone flagship yang menggunakan prosesor ini akan dirilis paling cepat pada paruh pertama 2016.
 


(MMI)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

3 days Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /