On This Day: Wafatnya Pionir Sepak Bola Amerika Serikat

Kautsar Halim    •    13 Desember 2015 08:21 WIB
On This Day: Wafatnya Pionir Sepak Bola Amerika Serikat
Pelopor Major League Soccer (MLS) Lamar Hunt. (foto: google image)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 13 Desember 2006, kancah sepak bola Amerika Serikat dirundung duka yang cukup mendalam. Lamar Hunt, salah seorang yang mempopulerkan sepak bola di negera adidaya tersebut, harus mengembuskan nafas terakhir di usianya yang ke-72.

Terlahir sebagai ahli waris sebuah pertambangan minyak pada 2 Agustus 1932, Hunt dikenal sebagai penggemar olahraga sepak bola dan American Football yang fanatik. Kontribusinya terhadap perkembangan American Football sudah mulai dilakukan sejak 1959 silam, dan beberapa tahun kemudian baru giliran sepak bola yang berhasil ia populerkan.

Keseriusan Hunt untuk mengembangkan industri sepak bola Amerika Serikat baru diketahui setelah berkunjung ke Irlandia pada 1962 silam. Pasalnya, lima tahun setelah kunjungan itu, Hunt langsung menyelenggarakan North American Soccer League (NASL) dan membentuk tim Dallas Tornado.

Meski NASL akhirnya dibubarkan, Hunt tidak menyerah untuk tetap mempromosikan sepak bola di Amerika Serikat. Ia menjadi salah satu aktor utama, ketika MLS memulai debutnya pada 1996 silam. Colombus Crew, Kansas City Wizard dan FC Dallas merupakan tiga tim MLS yang berada di bawah naungannya.

Atas kontribusi itu, Hunt pun sempat menerima beberapa penghargaan besar dari pemerintah Amerika Serikat. Namanya masuk dalam National Soccer Hall of Fame (1992) dan patung tiruannya juga terukir gagah di luar Stadion Colombus Crew. Selain itu, nama Hunt juga abadi sebagai tajuk sebuah turnamen sepak bola terpanjang di
Amerika Serikat, Lamar Hunt US Open. (tdifh)
(KAU)

Video /