PLN NTT Jamin tak Ada Pemadaman Listrik saat Tahun Baru

   •    13 Desember 2015 10:09 WIB
pln
 PLN NTT Jamin tak Ada Pemadaman Listrik saat Tahun Baru
Ilustrasi (ANTARA FOTOAdhitya Hendra).

Metrotvnews.com, Kupang: General Manajer PLN Wilyah Nusa Tenggara Timur (NTT) Richard Safkaur menjamin tidak akan terjadi pemadaman listrik saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Jaminan itu didasarkan atas adanya bantuan tambahan pasokan listrik dari Jakarta dan Lhokseumawe untuk mengatasi krisis listrik di NTT saat ini," katanya dikutip dari Antara, Minggu (12/12/2015).

Ia mengatakan bantuan listrik dari dua daerah itu sedang dalam perjalanan dari Jakarta menuju Kupang menggunakan kapal barang, dan tiba di Kupang pada 20 Desember 2015 mendatang.

"Mesin ini direlokasi dari Lhokseumawe dan Jakarta, untuk kebutuhan jangka pendek mengatasi pemadaman saat ini, dan memenuhi kebutuhan listrik untuk berbagai kegiatan sepanjang bulan Desember, khususnya saat perayaan Hari  Natal dan Tahun Baru, PLN Pusat sudah mengirim tambahan mesin sebesar 20
MW," katanya.

Dia mengatakan lebih dari dua pekan ini, PLN melakukan pemadaman bergilir karena daya listrik yang dimiliki saat ini tidak mampu memasok kebutuhan listrik. Dia berharap perjalanan kapal yang membawa mesin 20 MW itu lancar.

Dan setelah mesin tersebut tiba di Kupang, kata dia, PLN juga membutuhkan bantuan dari berbagai pihak, terutama dari Dinas Perhubungan NTT, Syahbandar dan PT Pelindo Kupang, agar mendapat prioritas membongkar.

Dia menjelaskan, penambahan mesin 20 MW tersebut adalah penyelesaian jangka pendek untuk mengatasi kekurangan daya sebesar 20 MW akibat tidak beroperasinya PLTU Bolok.

"Dengan tambahan itu, kami menjamin tak akan terjadi pemadaman saat Natal 2015 dan tahun baru 2016, kecuali pemadaman darurat karena adanya kejadian di luar dugaan seperti kebakaran, pohon tumbang dan lainnya," katanya.

Saat ini, kata dia, PLN wilayah NTT mengalami defisit 13 megawatt untuk melayani kebutuhan warga di Kota Kupang, NTT, karena meledaknya satu unit mesin pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) akibat arus balik.

Satu unit PLTU mengalami kerusakan yang cukup berat, sehingga butuh bantuan dari daerah lain. Sedangkan satunya siap beroperasi kembali.


(SAW)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /