Menikmati Eksotisnya Pulau Pasir di Pesisir Brebes

Kuntoro Tayubi    •    13 Desember 2015 17:58 WIB
pariwisata daerah
Menikmati Eksotisnya Pulau Pasir di Pesisir Brebes
Pemandangan hutan bakau di pesisir barat Brebes, Jawa Tengah. (Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi)

Metrotvnews.com, Brebes: Wilayah pantai utara barat di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, memiliki sejumlah pesona wisata dengan sejuta keindahan alam yang dimiliki. Di antaranya adalah Pulau Pasir Kebun Mangrove yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Salem.
 
Pandansari adalah pedukuhan di daerah pesisir utara. Dukuh ini termasuk wilayah Desa Kaliwlingi, Kecamatan Brebes. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari Kota Brebes.

Eksotisme wisata ini terhampar dalam deretan pantai di pesisir utara sepanjang 36 kilometer. Selain Pulau Pasir, pengunjung bisa menikmati rimbunnya hutan bakau sebelum ke lokasi.
 
Pulau pasir merupakan tanah timbul berupa pasir laut dan berjarak sekitar 1,5 Km dari perumahan warga. Layaknya daratan, pulau ini terhampar di tengah-tengah antara tambak warga Pandansari dan Laut Jawa. Luas hamparannya mencapai 10 hektare.
 
Untuk menuju tempat ini, pengunjung harus menyewa perahu yang disediakan warga. Biaya cukup terjangkau, yakni Rp10 ribu rupiah per orang. Perjalanan menuju pasir laut mebutuhkan waktu 30 menit.
 
Sampai di lokasi, pengunjung bisa menikmati hamparan luas Laut Jawa dengan birunya air laut dan pemandangan kapal-kapal nelayan. Sementara di sekelilingnya, tampak hamparan tambak dan rimbunannya tumbuhan bakau. 

Hutan bakau seluas 30 hektare ini dibuat untuk mencegah abrasi. Hutan ini juga difungsikan sebagai tempat biota laut seperti kepiting, kerang darah ataupun ikan.

Pemandu wisata Mashadi mengatakan, tambak di Pandansari mengalami abrasi laut yang hebat semenjak tahun 1986. Abrasi terjadi karena aliran sungai Ponggol yang merupakan daerah aliran sungai Pemali tidak bisa mengalir ke laut. Akibatnya air menggenangi tambak warga Pandansari saat air laut pasang.
 
“Dengan kejadian itulah setidaknya kurang lebih 850 hektare tambak milik warga hilang tergerus air laut,” ujar Mashadi yang juga penerima Kalpataru 2015 ini, Minggu (13/12/2015)
 
Tahun 2008, dirinya merasa terpanggil untuk menanam bakau. Bersama warga ia mencoba menanam kembali bakau untuk mencegah parahnya abrasi. Mangrove juga ditanam sebagai upaya mengembalikan ekosistem biota laut.

Janji bupati
 
Melihat potensi tersebut, Bupati Brebes Idza Priyanti langsung mengalokasikan anggaran untuk pengembangan lokasi wisata di Dukuh Pandansari, Desa Kaliwlingi. Tahun 2016, dirinya akan membenahi dengan penambahan sarana dan prasarana penunjang dengan alokasi anggaran 2,4 miliar rupiah.
 
Ada delapan titik garapan untuk menunjang ekowisata ini. Di antaranya penambahan jalur di seputar hutan bakau sepanjang kurang lebih 700 meter. Memperbaiki dermaga perahu hingga mendirikan toilet berikut kamar mandi wisata. Di situ juga dijanjikan berdiri mercusuar dengan ketinggian 8 meter.
 
“Pemkab Brebes akan membuka secara resmi destinasi Ekowisata Pandansari,” janji Idza Priyanti.


(SAN)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /