Harga Minyak Dunia Turun, Pemerintah Diminta Turunkan Harga BBM

Annisa ayu artanti    •    13 Desember 2015 19:19 WIB
bbm
Harga Minyak Dunia Turun, Pemerintah Diminta Turunkan Harga BBM
Ilustrasi -- FOTO: MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota DPR RI Komisi VII Ramson Siagian meminta pemerintah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium. Ramson beralasan saat ini, harga minyak dunia turun menjadi USD37 per barel. 

Politisi PDIP itu meminta, pemerintah menurunkan harga BBM Premium yang semula Rp7.300 untuk Jamali dan Rp7.400 non-Jamali menjadi Rp6.500 per liter.

"Harga minyak dunia sekarang USD37 per barel, Jadi ekuilaven Rp3.250 perliter kalau mau menaikkan 100 persen komposisi dari biaya tangker, biaya angkut, biaya distribusi, biaya pengolahan, keuntungan SPBU, pajak, dan keuntungan pertamina, kalau dikali 100 persen dan total hanya Rp6.500 per liter. Jadi saya usulkan turunkan harga Premium," kata Ramson dalam sebuah diskusi, di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Ramon mengatakan, dengan adanya peraturan Menteri yang menetapkan penyesuaian harga BBM ditentukan 3-6 bulan pemerintah dapat menggodok dan mengevaluasi harga jual BBM dalam negeri. Meski tetap mengacu pada harga minyak dunia.

"Karena peraturan Menteri dalam tiga bulan bisa terjadi perubahan harga kalau memang turun waktunya turun," tegas dia. 

Pemerintah lanjut Ramon juga harus lebih transparan dalam menetapkan harga BBM. "Supaya rakyat bisa merasakan dan kalau ada kelebihan diberitahukan kepada rakyat," ujar dia.



(REN)

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho
Liga Champions 2017 -- 2018

Antonio Conte Balas Sindiran Keras Mourinho

8 hours Ago

Conte merasa Mourinho masih sering memperhatikan apa yang terjadi di Chelsea. Untuk itu, ia mem…

BERITA LAINNYA
Video /