5 Tahun Terakhir 21,6 Juta Anak Jadi Korban Kekerasan

Amaluddin    •    14 Desember 2015 11:25 WIB
kekerasan anak
5 Tahun Terakhir 21,6 Juta Anak Jadi Korban Kekerasan
Ilustrasi gerakan Stop Kekerasan terhadap Anak. (Foto: ANTARA/Rekotomo)

Metrotvnews.com, Surabaya: Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mencatat, sepanjang tahun 2010-2014 21,6 juta anak mengalami kekerasan. 58 persen di antaranya merupakan kasus kekerasan seksual.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Bapemas KB) Surabaya, Nanis Chairani, menjelaskan, data dari pusat PPT-P2A Kota Surabaya tahun 2014 menyebutkan sebanyak 106 anak menjadi korban kekerasan seksual. Sementara hingga Oktober 2015 terdapat 43 jumlah kasus kekerasan seksual, 12 anak di antaranya adalah pelaku.
 
"Kini, upaya untuk mereduksi dan mencegah jatuhnya korban menjadi tanggung jawab bersama, pemerintah dan elemen masyarakat. Orang tua tak lagi mengawasi anak mereka sendiri, namun juga anak-anak yang ada di lingkungan mereka," kata Nanis, di Surabaya, Senin (14/12/2015).

Menurut Nanis, mencegah kekerasan terhadap anak telah diatur dalam Inpres nomor 5/2014 tentang Gerakan Nasional Anti Kejahatan Seksual Terhadap Anak. 

Sementara itu, Penanggung Jawab (Pj) Wali Kota Surabaya, Nurwiyatno, berharap, semua pihak ikut berpartisipasi dalam penanggulangan kekerasan seksual terhadap anak. Menurut dia, menjaga seorang anak sudah menjadi komitmen bagi semua pihak dalam pemenuhan hak bagi anak-anak.

"Apalagi Surabaya merupakan kota yang cukup berpotensi terhadap tindak kekerasan terhadap anak," kata dia.

Dia juga meminta kepada semua pihak untuk memberikan ruang bagi tumbuh kembang anak dan mengingatkan para orang tua untuk mengawasi dan memberikan edukasi untuk mencegah kekerasan terhadap anak kembali terjadi.


(MEL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 day Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /