Alasan MKD Panggil Luhut Pandjaitan

M Rodhi Aulia    •    14 Desember 2015 11:26 WIB
pencatut nama presiden
Alasan MKD Panggil Luhut Pandjaitan
Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad,--Foto: MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai saksi di persidangan hari ini. Pemanggilan itu dibutuhkan MKD untuk menggali informasi terkait kasus pencatutan nama presiden dalam perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia.

Wakil Ketua MKD Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya tidak berhasil mendapatkan rekaman asli yang tersimpan di telepon genggam Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dari Kejaksaan Agung. Karena itu, pihaknya merasa perlu meminta keterangan dari Luhut secara langsung.

"Akhirnya dalam rapat pimpinan sepakat mengundang Luhut untuk bisa kita gali. Mungkin ada keterangan-keterangan yang bermanfaat dalam sidang," ujar Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Menurut Dasco, Luhut dipastikan akan hadir dalam persidangan kali ini. Luhut akan dimintai keterangan karena namanya disebut sebanyak 66 kali dalam rekaman pembicaraan Ketua DPR Setya Novanto, Maroef Sjamsoeddin dan pengusaha Riza Chalid.

Sementara anggota MKD Sarifuddin Sudding mengaku, secara pribadi memandang pemanggilan Luhut tidak relevan dalam kasus dugaan pelanggaran kode etik oleh Ketua DPR Sedtya Novanto. Sebab, Luhut tidak terlibat dalam pertemuan dan pembicaraan di sebuah hotel di bilangan Jakarta Selatan, 8 Juni 2015.

Sebelumnya, MKD menyambangi Kejaksaan Agung untuk meminjam telepon genggam bos Freeport Indonesia itu. Namun, Kejaksaan Agung menolak memberikan karena permintaan Maroef sendiri. Maroef beralasan telepon sedang digunakan untuk kepentingan penyelidikan.


(MBM)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

22 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /