Riza Chalid Mangkir, MKD Tutup Sidang

M Rodhi Aulia    •    14 Desember 2015 11:57 WIB
pencatut nama presiden
Riza Chalid Mangkir, MKD Tutup Sidang
Ilustrasi--MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengusaha Riza Chalid mangkir dalam persidangan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). Sidang yang dimulai pukul 10.00 WIB tersebut akhirnya ditutup pada pukul 11.15 WIB.

Wakil Ketua MKD Junimart Girsang menuturkan, pihaknya sempat dua kali menunda persidangan. Pertama, selama sepuluh menit dan kedua selama 15 menit. Riza Chalid tak kunjung datang dan memberikan kabar kepada MKD.

"Atas kesepakatan pimpinan dan anggota, kami menutup sidang untuk Riza Chalid," kata Junimart kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Junimart mengaku akan menggelar rapat internal malam nanti. Ada dua opsi yang akan diambil. Apakah Riza Chalid dipanggil paksa dengan meminta bantuan polisi pada panggilan ketiga. Atau MKD tak lagi membutuhkan keterangan Riza.

Junimart berpendapat, dirinya lebih suka Riza dihadirkan dalam persidangan. Ia menilai Riza merupakan sosok yang mengetahui anatomi pembicaraan terkait dugaan pencatutan nama presiden dan wakil presiden serta permintaan saham PT Freeport Indonesia.

"Beliau yang tahu anatomi pembicaraan itu. Dia yang dominan berbicara, menurut saya," kata Junimart.

Hari ini MKD menjadwalkan pemeriksaan M Riza Chalid dan Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Luhut Binsar Pandjaitan. Keduanya diputuskan diperiksa secara terpisah setelah rapat internal MKD.

Hingga Sabtu, 12 Desember Luhut sudah memastikan bakal menghadiri pemeriksaan di MKD. Sementara Riza belum diketahui.

Junimart mengatakan, MKD merasa perlu memeriksa Luhut lantaran nama mantan Kepala Staf Kepresidenan itu disebut sebanyak 66 kali dalam percakapan antara Ketua DPR Setya Novanto, Direktur Utama PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin dan Riza Chalid.

Kendati demikian, ada yang tidak setuju dengan pemanggilan Luhut. Pemeriksaan Luhut dinilai hanya untuk mengulur waktu.


(YDH)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

4 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /