BPJS Kesehatan Perluas Jaringan Lewat Minimarket

Husen Miftahudin    •    14 Desember 2015 12:04 WIB
bpjs kesehatan
BPJS Kesehatan Perluas Jaringan Lewat Minimarket
Kartu BPJS Kesehatan (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memperluas jaringan pembayaran dengan memanfaatkan jasa pembayaran dari jaringan nonperbankan atau Payment Point Online Bank (PPOB) melalui minimarket. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan akses kemudahan masyarakat dalam membayar iuran bulanan jaminan kesehatan.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, pilot project perluasan channel PPOB BPJS Kesehatan telah dilakukan sejak 6 Agustus 2015 melalui kerja sama dengan empat mitra bank yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN. Ia menilai, mekanisme PPOB ini terbilang efektif dan diminati karena lebih mudah dijangkau masyarakat.

"Terbukti sejak diluncurkannya sistem PPOB pada awal Oktober 2015 lalu, jumlah transaksi pembayaran iuran peserta BPJS Kesehatan melalui minimarket telah mencapai lebih dari satu juta transaksi," ujar Fachmi, di kantor pusat BPJS Kesehatan, Jalan Letjend Suprapto Kav 20, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (14/12/2015).

Dia mengakui, sebelumnya BPJS Kesehatan juga telah menggandeng Indomaret untuk pembayaran iuran bulanan. Untuk lebih mendekatkan diri pada masyarakat, akhirnya BPJS Kesehatan juga menggandeng Alfa Group sebagai salah satu alternatif pembayaran iuran peserta BPJS Kesehatan.

Layanan PPOB melalui Alfa Group yang diimplementasikan oleh Bank Mandiri ini mulai beroperasi sejak 29 Oktober 2015 lalu. Saat ini terdapat 10.666 gerai Alfamart, 977 gerai Alfamidi, 38 gerai Lawson, dan 74 gerai Alfa Group lainnya yang dapat menerima pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Hingga 11 Desember 2015, frekuensi transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui Alfa Group telah mencapai 239.162 transaksi. Sementara itu, frekuensi transaksi pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui Bank Mandiri juga meningkat dari 600 ribu transaksi pembayaran per bulan pada 2014 menjadi lebih dari 1,5 juta transaksi per bulan pada 2015.

Sebagai informasi, pembayaran PPOB terdiri dari dua jenis. Pertama, pembayaran melalui outlet tradisional, di mana pembayaran iuran BPJS Kesehatan dapat dilakukan kepada agen perorangan, sebagaimana lazimnya pembayaran listrik atau pembayaran telepon yang dapat dilakukan di rumah-rumah masyarakat yang menjadi agen resmi.

"Kedua, mulai September 2015, pembayaran PPOB telah merambah ke modern channel. Untuk melakukan pembayaran iuran, calon peserta atau peserta BPJS Kesehatan cukup menunjukkan nomor VA-nya kepada kasir minimarket," pungkas Fachmi.


(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

10 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /