Legislator Jatim Minta Baleg Kaji Ulang Perda Kesehatan Jelang MEA

Amaluddin    •    14 Desember 2015 12:18 WIB
mea 2015
Legislator Jatim Minta Baleg Kaji Ulang Perda Kesehatan Jelang MEA
Legislator Suli Daim. (Foto: dprd.jatimprov.go.id)

Metrotvnews.com, Surabaya: Rencana Badan Legislasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur mengesahkan dua peraturan daerah (Perda) tentang Kesehatan dan Perda Upaya Kesehatan bulan ini bakal tertunda. Pasalnya, Fraksi PKB dan PAN meminta agar pengesahan Perda dikaji ulang.

Juru bicara fraksi PAN, Suli Daim, mengatakan, pengkajian Perda harus dilakukan secara cermat dan tidak terburu­buru. Jika tidak, kata dia, kualitas Perda dikhawatirkan tak sesuai yang diharapkan. 

"Perda tentang kesehatan memang hal yang sangat substansial, dan penting. Namun bukan berarti pengesahan Perda dilakukan dengan tergesa-gesa," kata Suli, di Surabaya, Senin (14/12/2015).

Senada dengan Suli, juru bicara Fraksi PKB, Kofidah mengatakan substansi tentang Perda sistem kesehatan dan upaya kesehatan Provinsi masih lemah dan terlalu mendasar. Karenanya butuh waktu untuk mengkaji ulang dan melakukan perbaikan.

"Fraksi PKB berharap agar pembahasan dan pengesahan tentang Raperda ini tidak dilakukan dengan terburu-­buru, kami harap Baleg cermat dan teliti lagi sebelum disahkan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Legislatif DPRD Jatim, Achmad Heri, menyanggah jika perumusan dan Perda tentang kesehatan ini dilakukan secara terburu­-buru. Ia mengatakan, pengkajian dua Perda ini sudah dilaksanakan sejak masa sidang kedua sekitar Maret lalu.

"Saat itu teman­-teman juga telah mempelajari Perda tersebut saat mereka melakukan Reses kemarin. Sebenarnya ini sudah cukup lama dibahasnya," kata Heri.

Menurut Heri, dua Perda tentang kesehatan itu harus segera disahkan mengingat MEA akan masuk akhir Desember 2015. Dengan Perda ini, kata dia, maka pekerja medis asal Jatim akan terlindungi dan sistem kesehatan medis Jatim juga akan lebih baik dari Negara Asean lainnya.

"Prestasi kesehatan kita yang sudah berstandar internasional ini sayang jika tidak kita lindungi," katanya.

Sementara, isi dari dua perda ini meliputi pengobatan medis, pelayanan medis, sistem medis, upaya kesehatan dan ketersediaan farmasi.


(MEL)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /