Batan Apresiasi Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi Nuklir

Annisa ayu artanti    •    14 Desember 2015 14:04 WIB
nuklirbatan
Batan Apresiasi Kerja Sama Pemanfaatan Teknologi Nuklir
Ilustrasi nuklir (MI/Susanto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengapresiasi kerja sama pemanfaatan teknologi pembangkit tenaga listrik berbahan dasar nuklir Rusia-Indonesia.

Kepala Batan Djarot Wisnubroto mengatakan, pengembangan teknologi Rusia melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rusia yakni Rosatom telah menghasilkan kontribusi signifikan dalam mengembangkan industri nuklir di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin dengan Rosatom. Negara ini sangat mebutuhkan teknologi yang tidak hanya modern namun juga terbukti guna memastikan terjadinya perkembangan yang berkelanjutan," kata Djarot, dalam Seminar 'Industri Nuklir Rusia: Teknologi dan Solusi Modern', di Hotel JW Mariott, Jalan Ide Anak Agung, Kuningan, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Menurutnya, teknologi nuklir untuk memenuhi kebutuhan energi nasional sangat baik dan efisien. Hal itu karena memang telah banyak negara yang menggunakan nuklir sebagai sumber energi listrik. "Saya yakin Indonesia dalam waktu dekat ini akan segera mengambil langkah menuju jalur nuklir," ucap dia.

Senada dengan Djarot, Deputi Litbang, Batan, Taswanda Taryo mengatakan, dalam pertemuan dengan Rosatom, ini adalah pertukaran informasi. Indonesia harus terbuka dengan nuklir yang akan menjadi alternatif energi fosil dan Rosatom merupakan BUMN Rusia yang sudah menguasai energi tersebut.

"Dalam rangka pertukaran informasi. Ini kita telah diskusi. Mereka sudah berpengalaman 70 tahun. Di sini kita mengumpulkan stakeholders, kementerian BUMN, pemda untuk terbuka dengan energi ini. Kita ke depan dapat memperkuat kolaborasi dengan Rusia," tutup dia.

Sebagai informasi, Batan dan Rosatom bekerja sama membangun mini reaktor multi purpose atau reaktor daya eksperimen dengan daya 10 megawatt yang diharapkan beroperasi 2019 atau 2020.


(ABD)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /