Di Hadapan Komisi III, Johan Budi Tolak Revisi UU KPK

Anggitondi Martaon    •    14 Desember 2015 18:28 WIB
revisi uu kpk
Di Hadapan Komisi III, Johan Budi Tolak Revisi UU KPK
Calon Pimpinan Komis Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi Sabto Pribowo mengikuti jalannya uji kelayakan bagi capimm KPK yang diadakan olek Komisi III di Komplek parlemen, Senayan, jakarta , Senin (14/12),--Foto: MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: ‎Calon Pimpinan (Capim) KPK Johan Budi menegaskan, dirinya menolak draft Revisi Undang-undang KPK. Menurutnya, draft tersebut dianggap sebagai upaya pelemahan lembaga antirasuah.‎

"Saya sering baca 'statement' Revisi Undang-undang KPK itu untuk menguatkan KPK. Tapi begitu muncul drafnya di publik, isinya justru melemahkan KPK. Jika benar isi drafnya, saya tidak setuju, saya tolak," kata Johan Budi saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR RI, Senayan, Senin (14/12/2015).

Johan menyatakan, salah satu poin yang dianggap sebagai bentuk pelemahan adalah pembatasan usia KPK hingga 12 tahun setelah revisi UU KPK disahkan.‎ "Itu menurut saya bukan memperkuat, tapi melemahkan KPK," ungkap dia.

Bahkan, dirinya tidak takut jika nanti dinyatakan tidak lolos dalam proses uji kepatutan dan kelayakan Capim KPK akibat menyerukan penolakan terhadap revisi UU KPK.

"Saya menolak, dan kalau dengan penolakan ini saya tidak dipilih (menjadi pimpinan KPK) ya tidak apa-apa," ujar dia.‎‎

Sekadar untuk diketahui, pada masa sidang yang lalu pimpinan DPR dan Presiden Jokowi menyepakati penundaan revisi UU KPK melalui rapat konsultasi di Istana Merdeka, Selasa 13 Oktober. Penundaan dilakukan setelah rencana revisi menimbulkan pro dan kontra.

Adapun empat poin yang dibahas dalam revisi UU KPK adalah menyangkut kewenangan KPK menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3), pembentukan dewan pengawas KPK, pembatasan penyadapan oleh KPK dan terakhir penyidik independen.


(MBM)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

1 hour Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /