Ekspor Komoditas Jeblok, Pariwisata Jadi Andalan

Husen Miftahudin    •    14 Desember 2015 19:23 WIB
pariwisata
Ekspor Komoditas Jeblok, Pariwisata Jadi Andalan
Ilustrasi kegiatan turis di Indonesia. (ANTARA FOTO/Teresia May)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengaku, harga komoditas seperti kelapa sawit, karet, serta kakao saat ini mengalami keterpurukan. Kondisi ini yang menyebabkan ekspor Indonesia anjlok dan menyebabkan neraca perdagangan mengalami defisit yang cukup dalam.

Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani mengatakan, sudah saatnya Indonesia mencari sumber pendapatan baru, salah satunya adalah pariwisata. Menurut dia, sektor pariwisata memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan bagi negara.

"Jadi selalu di dalam dunia ekonomi selalu ada titik kesimbangan baru. Jadi di satu sisi yang namanya komoditas sedang turun. Tapi di lain pihak ada sektor lain seperti pariwisata," ujar Haryadi dalam konferensi pers outlook 2016 di Gedung Permata Kuningan, Jalan Kuningan Mulia Kav 9C, Jakarta Selatan, Senin (14/12/2015).

Dia menjelaskan, potensi pariwisata tersebut terlihat dari tingginya wisatawan asing yang menginap di Indonesia. Berdasarkan data Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), jumlah kamar hotel yang ada di Indonesia merupakan yang terbanyak di ASEAN dengan total 270.500 kamar.

"Indonesia jumlah kamarnya terbesar se-ASEAN. Kalau di Thailand hanya 200 ribu. Bahkan India di bawah kita jumlahnya," papar dia.

Haryadi juga optimistis jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia akan terus mengalami peningkatan ke depannya. Oleh sebab itu, hotel-hotel di Indonesia diharapkan siap menampung peningkatan wisatawan tersebut, baik lokal maupun mancanegara.

"Kalau sekarang turisnya 9,4 juta yang datang, kami yakin tahun depan di atas 10 juta.‎ Apalagi ada bebas visa, jumlah armada penerbangan, dan kamarnya sudah mencukupi untuk menampung besarnya wisatawan," pungkas Haryadi.


(AHL)

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente
Tottenham Hotspur 2017--2018

Bakal Bereuni dengan Juventus, Begini Perasaan Llorente

1 hour Ago

Babak 16-besar Liga Champions 2017 -- 2018 akan terasa istimewa bagi striker Tottenham Hotspur …

BERITA LAINNYA
Video /