Legislator Jatim Sebut Risma tak Paham Hukum

Amaluddin    •    14 Desember 2015 19:46 WIB
tri rismaharini
Legislator Jatim Sebut Risma tak Paham Hukum
Pasangan calon Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana. (Metrotvnews.com/Amaluddin)

Metrotvnews.com, Surabaya: Dalam salah satu visi-misinya, calon petahana Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan mengambil alih pengelolaan SMA/SMK dari pemerintah provinsi ke tingkat kota. Rencana itu bisa saja terwujud bila menengok hasil rekapitulasi Formulir C-1 Pilkada Surabaya.

Tetapi, rencana itu sudah mendapat tanggapan dari legislator di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Timur. Calon yang pernah dinobatkan sebagai wali kota terbaik dunia itu disebut tidak patuh aturan.

Rencana pengambilalihan pengelolaan SMA/SMK ke Pemkot Surabaya itu dinilai bertentangan dengan UU No 23/2014.

"Padahal, di dalam UU sudah jelas bahwa SMA/SMK diamanatkan dikelola pemprov. Lantas dasar hukum Risma mau mengambil SMA/SMK itu landasannya apa," kata Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim, Suli Daim, dihubungi Metrotvnews.com, Senin (14/12/2015).

Menurut Suli, Kota Surabaya hingga saat ini belum pernah meraih prestasi dalam nilai ujian akhir semester (UAS) SMA/SMK. Sebab, ranking pertama dalam UAS itu selalu diperoleh daerah di kabupaten/kota yang ada di Jatim, misalnya Kabupaten Bojonegoro. 

"Tolak ukur keberhasilan pendidikan di suatu daerah dilihat dari hasil UAS. Jika hasil UAS-nya baik, berarti pendidikannya baik, begitu juga sebaliknya," jelasnya.

Salah satu visi dan misi Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana adalah mengambil alih dan mengelola SMA/SMK. Mantan orang nomor satu di Surabaya itu dipastikan akan kembali memimpin untuk kedua kalinya. 

Berdasar Formulir C-1 yang diunggah KPU Kota Surabaya ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng), Tri Rismaharini-Whisnu Sakti Buana memperoleh 885.860 suara atau 86,22 persen. Sementara, pasangan Rasiyo-Lucy Kurniasari memperoleh 141.591 suara atau 13,78 persen.


(SAN)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

3 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /