4 Langkah Menghasilkan Uang untuk Ibu Rumah Tangga

Rosa Anggreati    •    15 Desember 2015 07:13 WIB
keluarga
4 Langkah Menghasilkan Uang untuk Ibu Rumah Tangga
Ibu bisa memanfaatkan keterampilan untuk mendapat penghasilan tambahan (Foto:Manchestereveningnews)

Artikel ini hasil kerja sama Metro TV Rona dengan Frisian Flag


Perekonomian Indonesia dianggap mampu bertahan dari krisis di tengah melemahnya rupiah dan melambatnya ekonomi dunia. Walau begitu, hal ini tetap saja menimbulkan dampak tersendiri yang dirasakan masyarakat.
Dampak yang paling dirasakan dari melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat adalah naiknya harga barang kebutuhan pokok sehari-hari.


Kondisi tersebut membuat para ibu harus berpikir keras mencari solusi dalam mengatur keuangan keluarga, tentunya tanpa mengorbankan kebutuhan nutrisi keluarga, terutama anak. Berikut beberapa cara yang bisa ibu coba untuk menghadapi kenaikan harga ini.


Menambah pemasukan keluarga

Selama ini, ayah memang memegang peranan besar dalam menafkahi keluarga. Namun di tengah kondisi ekonomi yang sulit ini, ibu pun dapat membantu ayah dalam memenuhi kebutuhan finansial keluarga. Bagaimana caranya? Jika ibu memiliki akses Internet dan perangkat komputer, mengembangkan bisnis berjualan online dapat menjadi pilihan. Saat ini, ibu bahkan sudah bisa untuk berjualan online hanya dengan bermodalkan smartphone. Produk yang dijual pun bisa beragam, mulai dari kue buatan sendiri, hingga pakaian dan aksesori.


Ibu juga dapat memanfaatkan keterampilan atau keahlian yang dimiliki sebagai salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Misalnya, kepandaian ibu dalam mata pelajaran tertentu bisa dikembangkan untuk memberi kursus kepada anak sekolah. Atau, ibu yang pandai memasak juga bisa memberikan kursus memasak atau membuat kue kepada para ibu lain di lingkungan tempat tinggal ibu.


Lebih hemat dengan barang daur ulang

Tema go green bisa ibu adaptasi, yakni dengan melakukan daur ulang 'sampah' atau barang-barang yang tidak digunakan lagi di rumah menjadi produk yang bermanfaat, misalnya tempat sampah atau tas. Banyak tutorial membuat produk daur ulang yang bisa ibu jadikan inspirasi di Internet.


Selanjutnya, ibu bisa menggunakannya sendiri sebagai salah satu cara untuk menghemat agar tidak membuat barang baru. Atau, ibu juga bisa coba menjualnya ke orang terdekat dan mendapatkan pemasukan tambahan dari hobi baru ini.


Cermat membeli produk berkualitas

Sudah menjadi kewajiban bagi ibu untuk terus menjaga nutrisi yang baik untuk keluarga, terutama untuk anak ibu. Oleh karena itu, kualitas produk tentu jadi salah satu perhatian utama saat berbelanja. Namun, untuk menyiasati lonjakan harga di tengah ekonomi yang sulit ini, ibu juga dapat dapat mempertimbangkan memilih produk berkualitas yang dapat menawarkan manfaat lebih, seperti Frisian Flag.


Dengan Frisian Flag, ibu dapat menyediakan nutrisi sesuai bagi setiap tahap perkembangangizi anak dengan baik, sekaligus berhemat. Bagaimana caranya? Saat ini dengan membeli produk Frisian Flag MAMA, Frisian Flag JELAJAH, dan Frisian Flag KARYA, ibu bisa mendapatkan aneka hadiah langsung berupa e-voucher (belanja, pulsa listrik, dan pulsa HP) serta beragam hadiah menarik lainnya.


Bagaimana caranya? Gampang banget!

Langkah pertama, ibu hanya perlu menjadi anggota Ibu dan Balita, cukup dengan mengisi data lengkap di www.ibudanbalita.com. Kemudian, langkah kedua adalah dengan membeli produk Frisian Flag MAMA (untuk ibu hamil), Frisian Flag JELAJAH (untuk anak usia 1-3 tahun), dan Frisian Flag KARYA (untuk anak usia 4-6 tahun).


Temukan kode unik yang tertera di bagian dalam kemasan Frisian Flag, dan kirimkan SMS ke Telkomsel 0811 860 8111 / XL 0817 6608 111 dengan format: POIN#nomor keanggotaan Ibu&Balita# 16 digit kode poin#4 digit kode produksi. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dari setiap pembelian produk dengan ukuran dan rasa apa saja. Beragam e-voucher (belanja, pulsa listrik, pulsa HP) serta beragam hadiah lainnya pun bisa langsung ibu gunakan.


Ternyata, menyiasati lonjakan harga tanpa mengorbankan kebutuhan nutrisi keluarga tidak sesulit itu, bukan? Ayo daftarkan diri ibu di www.ibudanbalita.com, kemudian nikmati beragam e-voucher dan hadiah langsung lainnya di sini!



 


(ROS)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

8 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /