Cara Ampuh Menghemat Pengeluaran Bulanan

Rosa Anggreati    •    15 Desember 2015 07:22 WIB
keluarga
Cara Ampuh Menghemat Pengeluaran Bulanan
Keuangan keluarga setiap bulan perlu diatur dengan baik (Foto:Senseandcentsibility.areavoices)

Artikel ini hasil kerja sama MetroTV Hiburan dengan Frisian Flag


Seorang ibu memiliki tugas dan tanggung jawab besar. Dia bukan hanya mengasuh dan mendidik anak-anak, tetapi juga mendampingi suami dan mengurus rumah. Bahkan, ada sebagian ibu yang juga bekerja di kantor.
Menjadi ibu yang hebat dan bisa diandalkan tentu merupakan impian setiap wanita.

Seorang ibu disebut hebat jika mengurus anak, suami, dan rumah tangga dengan baik, termasuk dalam mengelola keuangan keluarga. Namun, mengatur keuangan keluarga tidak semudah membalik telapak tangan.


Ada kalanya, seberapa pun besar pemasukan keluarga, tetap saja terasa belum mencukupi kebutuhan. Apalagi, di tengah kondisi melemahnya ekonomi seperti sekarang ini. Kenaikan harga barang, kian mempersempit alokasi keuangan keluarga.


Jadi, masalah utamanya bukan terletak pada betapa besaran penghasilan, tetapi seberapa pandai ibu mengatur keuangan. Lantas, bagaimana cara mengatur keuangan dengan lebih bijak?


1. Menyusun anggaran belanja bulanan

Catat rencana pembelanjaan yang akan dilakukan, lengkap dengan rincian harga. Dengan menyusun anggaran belanja setiap bulan, Anda akan mengetahui seberapa besar uang yang harus dikeluarkan per bulan. Anda juga dapat menyisir mana yang harus dijadikan prioritas pengeluaran dan mana pembelanjaan yang dapat dihilangkan atau ditunda.


2. Bedakan antara 'ingin' dan 'butuh'

Tak jarang ibu membelanjakan uang untuk hal yang tak terlalu penting, atau hanya didorong keinginan, bukan kebutuhan. Buatlah tabel yang terdiri atas kolom 'kebutuhan' dan 'keinginan'. Pertimbangkan masak-masak barang-barang yang dapat masuk ke kedua kolom tersebut. Dahulukan untuk ibu membeli dan memberikan tanda cek pada barang yang ada dalam kolom 'kebutuhan' sebelum beralih pada kolom 'keinginan'. Dengan begini, ibu dapat memetakan prioritas dengan lebih baik.


3. Hindari berutang

Dengan beragamnya penawaran kartu kredit, tentu godaan untuk menjadi lebih konsumtif sangat besar saat ini. Namun, ibu harus lebih bijak untuk sebisa mungkin menghindari berbelanja secara kredit. Dengan hanya membeli barang yang dapat dibayar secara lunas, ibu sudah melakukan langkah sederhana untuk mengerem gaya hidup konsumtif.


4. Menabung dan berinvestasi

Mulai sekarang, biasakan menyisihkan uang untuk ditabung segera setelah menerima gaji. Ibu disarankan untuk memiliki rekening terpisah, antara tabungan dan kebutuhan sehari-hari. Kemudian, cobalah berinvestasi. Sebab, tabungan saja rasanya tidak akan cukup memenuhi kebutuhan yang semakin membengkak. Jika perlu, berkonsultasilah kepada ahli keuangan untuk meminimalisir risiko investasi yang tak diinginkan.


5. Hemat dan cermat saat belanja kebutuhan pokok

Berhemat berarti ibu belajar berbelanja sesuai daftar prioritas. Sementara, cermat berarti ibu lebih teliti memilih produk kebutuhan pokok yang berkualitas, namun dapat memberikan manfaat lebih untuk keluarga. Kini ibu dapat mendapatkan keuntungan tersebut dengan membeli produk Frisian Flag yang bukan hanya memberikan gizi sesuai bagi ibu dan anak, tetapi juga bonus lain berupa e-voucher belanja, pulsa listrik, dan pulsa HP, serta hadiah menarik lainnya. Menariknya, ini bisa menjadi solusi untuk lebih menghemat pengeluaran rumah tangga.


Bagaimana caranya untuk mendapatkannya? Sangat mudah! Cukup daftarkan diri ibu menjadi anggota Ibu dan Balita dengan mengisi data lengkap di www.ibudanbalita.com. Untuk info selengkapnya mengenai pendaftaran, silakan langsung klik link berikut.


Kemudian, belilah produk Frisian Flag MAMA (untuk ibu hamil), Frisian Flag JELAJAH (untuk anak usia 1-3 tahun), dan Frisian Flag KARYA (untuk anak usia 4-6 tahun) ukuran dan rasa apa saja. Lalutemukan kode unik yang tertera di kemasan Frisian Flag. Kumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara mengirimkan kode tersebut melalui SMS untuk ditukarkan dengan beragam e-voucher (belanja, pulsa listrik, pulsa HP) dan hadiah menarik lainnya yang dapat langsung digunakan. Menarik, kan?


Pastikan juga Anda mendapatkan berbagai informasi menarik mengenai tumbuh kembang anak di www.ibudanbalita.com. Portal ini berisi forum dan artikel pengetahuan bagi ibu dan anak yang tentunya sangat bermanfaat.


 


(ROS)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

21 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /