Hina Keluarga Kerajaan Johor via Facebook, Pria Malaysia Ini Ditangkap

Ellavie Ichlasa Amalia    •    15 Desember 2015 08:09 WIB
facebook
Hina Keluarga Kerajaan Johor via Facebook, Pria Malaysia Ini Ditangkap
Membuat post bernada kecaman di Facebook, seorang pria Malaysia ditangkap. (ADAM BERRY/GETTY IMAGES)

Metrotvnews.com: Pihak berwajib Malaysia telah menangkap seorang laki-laki yang mereka percaya telah mengunggah beberapa post hinaan di Facebook. Hinaan ini ditujukan pada keluarga kerajaan Johor.

Datuk Wan Ahmad Majmuddin Mohd, komisaris utama kepolisian Johor memberitahu wartawan lokal bahwa polisi menangkap laki-laki berumur 37 tahun ini setelah mereka melakukan penggerebekan ke rumahnya pada hari Sabtu pagi.

Mashable melaporkan, pihak polisi bertindak karena adanya laporan atas salah satu post yang dibuat sang pelaku di awal bulan Desember. Setelah menangkap pria tersebut, polisi menemukan bahwa laki-laki ini telah membuat 2 post lain yang menghina keluarga kerajaan Johor.

Dalam salah satu status Facebook miliknya, sang pelaku mengungkapkan rasa kesalnya karena sultan Johor memutuskan untuk melarang penggunaan rokok listrik mulai tahun 2016.

Laki-laki ini akan ditahan selama 4 hari saat pihak kepolisian melakukan investigasi. Selama itu, mereka juga akan menyita ponsel milik pria tersebut. Jika terbukti bersalah, pria tersebut dapat dihukum dengan hukuman penjara selama 18 bulan atau denda paling besar RM2.000 atas tuduhan membuat status provokasi.

Kali ini bukanlah pertama kalinya Malaysia menangkap seseorang karena membuat post bernada hinaan di Facebook. Di tahun 2012, seorang laki-laki berumur 27 tahun bernama Ahmad Abd Jalil, ditangkap di Kuala Lumpur sebelum diserahkan ke Johor karena dia telah menghina keluarga kerajaan. Dia mendapatkan hukuman berupa denda sebesar RM20.000.

Dua tahun kemudian, saudara kembarnya, Ali, mencari suaka politik ke Swedia karena dia juga ditangkap atas tuduhan menghina keluarga kerajaan Johor dan juga sultan Selangor.


(MMI)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

14 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /