Jual Obat Terlarang ke Ratusan Pelajar, Toko Kosmetik Digerebek

K. Yudha Wirakusuma    •    15 Desember 2015 08:46 WIB
obat berbahaya
 Jual Obat Terlarang ke Ratusan Pelajar, Toko Kosmetik Digerebek
Ilustrasi--Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Jakarta: Toko kosmetik di Jalan Manunggal, Nomor 3, RT03/05, Pesanggrahan, Jakarta Selatan digerebek polisi. Polisi menggerebek toko kosmetik itu karena menjual obat-obatan terlarang secara terbuka kepada ratusan anak pelajar di wilayah tersebut.

"Warga kami resah, jual obat-obatan terlarang secara bebas ke anak pelajar. Dia jual per paket dengan isi delapan butir pil seharga Rp10 ribu. Keuntungan yang dia dapatkan sehari bisa sampai Rp600 ribu," kata Kapolsek Metro Pesanggrahan Kompol Afroni seperti yang disitat Blog Humas Polda Metro Jaya, Selasa (15/12/2015).

Dia menuturkan, obat itu dijual secara bebas tanpa ada resep dokter. Padahal, obat Tramadol 5 mg, Hexymer 2 mg, Alprazolam, dan Valdimex dijual berdasarkan resep dari dokter.

Dalam penggerebekan itu polisi mengamankan pemilik toko bernama Hidayatullah, 24, dan menyita 3.746 butir obat-obatan terlarang itu. Bagi penggunanya, kata dia, bisa berdampak hal yang kurang baik pada daya pikirnya.

"Peredaran obat terlarang ini sudah masuk ke sekolah-sekolah. Pelajar pun tahu dari mulut ke mulut saja. Karena mudah didapat di toko kosmetik itu, jadi pelajar membelinya. Efeknya bikin ngefly, kalau dikonsumsi terlalu banyak dan secara terus menerus bisa merusak saraf otak dan overdosis. Ini tentu merusak generasi anak kita," tuturnya.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Metro Pesanggrahan, Ipda Budi Bowo Leksono menambahkan, pelaku adalah pemain lama. Bahkan, pelaku sempat ditahan dengan kasus yang sama pada 2009 lalu. Setelah bebas, bukannya insaf, pelaku justru mengulangi perbuatan itu lagi.

"Pelaku ini licin. Dia pindah-pindah tempat terus. Tapi, kemarin akhirnya dia berhasil kami tangkap saat penggerebekan. Pelaku kami jerat pasal 196 Sub Pasal 197 UU RI nomor 36 tahun 1996 tentang kesehatan dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara," tutupnya.


(YDH)

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%
Jelang Chelsea vs Barcelona

Hadapi Barcelona, Chelsea Harus Tampil 120%

14 hours Ago

Pelatih Chelsea Antonio Conte tidak memungkiri bahwa laga melawan Barcelona akan jadi laga yang…

BERITA LAINNYA
Video /