2016, Ekonomi Sumut akan Meningkat di Kisaran 5,1-5,5%

Budi Warsito    •    15 Desember 2015 09:35 WIB
bank indonesia
2016, Ekonomi Sumut akan Meningkat di Kisaran 5,1-5,5%
Ilustrasi Bank Indonesia. (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Medan: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara mengalami peningkatan di kisaran 5,1-5,5 persen pada 2016. Pertumbuhan ekonomi tersebut akan dicapai melalui keseimbangan internal dan eksternal yang terjaga, ditandai oleh permintaan domestik yang masih tetap kuat dan kinerja net ekspor yang terus membaik.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Difi A Johansyah, peningkatan daya beli masyarakat juga seiring dengan perbaikan harga komoditas dan perbaikan manufaktur negara mitra dagang.

"Meski dalam level terbatas, itu ditopang inflasi yang terjaga menjadi faktor membaiknya konsumsi swasta 2016," jelas dia pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia Provinsi Sumut 2015, di Gedung BI, Jalan Balai Kota Medan, Senin, 14 Desember.

Difi mengungkapkan, peran investasi juga diperkirakan akan terus menguat, melihat iklim investasi yang semakin kondusif dan reformasi birokrasi yang terus berlanjut. Kegiatan investasi juga diperkirakan terus menguat seiring meningkatnya kegiatan infrastruktur pemerintah, terutama yang dibiayai oleh APBN.

Selain itu, rangkaian paket kebijakan pemerintah, termasuk berbagai deregulasi juga mendukung iklim investasi. Seperti percepatan izin satu pintu yang membantu menggerakkan pertumbuhan investasi pada 2016. "Penguatan investasi tersebut pada gilirannya akan mampu meningkatkan kapasitas perekonomian, termasuk Sumut," ujar dia.

Difi menambahkan, pada investasi swasta, para pelaku usaha cenderung masih wait and see terkait kondisi ekonomi global dan kondisi ekonomi politik di Sumut. Tekanan inflasi yang rendah dan stabil, menjadi syarat bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.

"BI akan senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Bentuk kerja sama ini dituangkan dalam langkah-langkah nyata, jangka pendek, menengah maupun panjang yang mengacu pada suatu roadmap pengendalian inflasi Sumut," paparnya.

Secara garis besar, tambahnya, pengendalian inflasi dan penguatan pangan akan difokuskan pada pembenahan tata niaga, diversifikasi konsumsi pangan, optimasi produksi serta pemberdayaan petani. Untuk jangka menengah, fokus pengendalian inflasi lebih pada harmonisasi regulasi dan koordinasi, peningkatan perdagangan antarwilayah, pengembangan bibit unggul serta pembenahan infrastruktur.

"Dengan komitmen bersama yang lebih kuat, kami meyakini bahwa stabilitas harga di tahun mendatang dapat dijaga pada kisaran sasaran empat plus minus satu persen," ucapnya.

Selain TPID, pihaknya juga terus melakukan bentuk kerja sama dengan instansi terkait di Sumut. Hal tersbebut dilakukan untuk memastikan seluruh kebijakan yang dikeluarkan BI dapat berjalan seiring dengan tujuan pemerintah.

Bentuk kerja sama yang dilakukan Kantor Perwakilan BI Provinsi diantaranya, melalui Tim Pemantauan Pertumbuhan Ekonomi (TPPE) bersama Bappedasu dan SKPD, pembentukan forum SSK bersama OJK Kantor Regional enam, serta kerjasama lainnya seperti kerjasama pengembangan ekonomi syariah.

Selain itu, ada juga kerjasama kewajiban penggunaan rupiah, pengembangan klaster dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta peningkatan akses keuangan melalui lembaga keuangan. Di sisi lain, Difi mengakui jika 2015 merupakan tahun yang penuh tantangan dan ujian bagi perekonomian Indonesia. Tekanan stabilitas ekonomi begitu kuat, muncul dari segala arah dan mengaburkan berbagai kinerja positif yang dicapai sebelumnya.

"Tetapi, 2016 kami yakin perekonomian kita bisa membaik dan pastinya akan meningkat dari 2015 ini," pungkasnya.


(AHL)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

21 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /