Wisata Enceng Gondok Jadi Modal Bikin Gapura Kampung

Ahmad Mustaqim    •    15 Desember 2015 15:02 WIB
taman
Wisata Enceng Gondok Jadi Modal Bikin Gapura Kampung
Dua perempuan muda mengambil foto dengan hamparan enceng gondok sebagai latar belakang, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Bantul: Pengelola ladang enceng gondok di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, menarik sumbangan dari pengunjung yang hendak berfoto selfie di lokasi tersebut. Pengelola berencana menggunakan uang hasil sumbangan pengunjung sebagai modal membuat gapura di kampung mereka.

Pengelola menerapkan biaya parkir Rp2.000 untuk pengunjung ladang enceng gondok di Dusun Karangasem, Desa Palbapang, Kecamatan Bantul. Bila hujan, pengelola menyediakan fasilitas sewa payung dengan tarif Rp2.000. Rasanya, tarif sebesar itu sepadan dengan keindahan pemandangan enceng gondok yang menjadi latar belakang foto.

Karsono, Ketua RT 7 di Dusun Karangasem, mengatakan memasukkan uang tarif itu ke kas pemuda. Hasilnya cukup memuaskan.

"Lumayan banyak pengujung yang datang. Sehari sampai 200-an (pengunjung). Nah, uang yang masuk kami masukkan kas pemuda," kata Karsono saat ditemui di halaman rumahnya, Selasa (15/12/2015).

Para pemuda di daerahnya terlibat mengelola ladang tersebut. Secara bergiliran, pemuda menunggui pintu masuk ladang, menjaga parkir, dan mengelola tanaman.

"Yang jaga biasanya ada sekitar 20-an pemuda. Mereka gantian karena ada yang masih sekolah, ada yang kuliah juga," katanya.

Dalam sehari, katanya, uang dari pengunjung bisa lebih Rp200 ribu. Bila enceng gondok berbunga selama dua pekan, ia dan pemuda setempat mendapatkan pemasukan hingga Rp1,5 juta. Dalam setahun, enceng gondok berbunga dua kali.

"Pendapatannya untuk membangun gapura di pintu masuk kampung. Biar kampung (Karangasem) terlihat rapi," jelas Karsono.

Karsono belum menargetkan realisasi pembangunan gapura. Sebab, ia dan pemuda di kampungnya masih mengumpulkan dana secara mandiri utuk membangun gapura.

Ladang enceng gondok seluas 100 meter persegi itu menarik minat warga setempat. Tak jarang, muda-mudi menjadikan kawasan itu sebagai latar belakang untuk berfoto selfie. Perpaduan bunga ungu dan dedaunan hijau membuat pemandangan di lokasi itu tampak apik.



(RRN)

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool
Bursa Transfer Pemain

Juventus Menyerah Kejar Gelandang Liverpool

1 day Ago

Juventus akhirnya menyatakan menyerah mengejar gelandang Liverpool Emre Can.…

BERITA LAINNYA
Video /