The 33, Keajaiban Penambang Chili Lolos dari Maut

Anindya Legia Putri    •    15 Desember 2015 17:51 WIB
resensi film
The 33, Keajaiban Penambang Chili Lolos dari Maut
Adegan film The 33 (Foto: Warner Bros)

Metrotvnews.com, Jakarta: Warner Bros Pictures mengangkat kisah fenomenal penyelamatan 33 pekerja tambang di Chili yang terjebak selama 69 hari lewat film bertajuk The 33. 

Dalam film berdurasi 120 menit, sang sutradara Patricia Riggen menggambarkan secara gamblang bagaimana 33 penambang emas bertahan hidup hingga akhirnya selamat dari kedalaman 2.300 kaki (701 meter).

Kisah ini berawal dari runtuhnya pertambangan emas dan tembaga San Jose, Chili. Sebanyak 33 pekerja tambang terperangkap di ruang bawah tanah, dengan keadaan minim obat-obatan dan juga makanan. Tentu dalam hal ini rasa kemanusiaan dan kesabaran mereka  diuji hingga akhirnya pasrah akan bantuan yang mungkin akan datang.

Selama hampir sepekan lebih, 33 penambang tersebut melewati hidup tersulitnya. Tak jarang keributan terjadi karena emosi yang tidak stabil akibat terperangkap tanpa kejelasan.

Hingga akhirnya pemerintah Chili sepakat meminta bantuan dari berbagai negara. Pada hari ke-18, bor yang digunakan guna menyelamatkan para penambang berhasil menembus ruang yang didiami para penambang.

Tim penyelamat bersyukur mengetahui 33 penambang masih dalam keadaan hidup, terlebih ketika bor ditarik keluar ada sebuah catatan menempel yang bertuliskan "Kami, 33 orang di dalam sini, baik-baik saja."

Rasanya tak berlebihan jika film ini menjadi tontonan wajib bagi Anda. Banyak pelajaran yang bisa dipetik usai menonton film ini seperti pentingnya kepercayaan, kekeluargaan, kerja keras, dan tolong menolong.

Film ini semakin menarik karena didukung oleh bintang-bintang Hollywood seperti  Antonio Banderas, Rodrigo Santoro, dan juga pemain lainnya, Juliette Binoche, Josh Brolin, Lou Diamond Phillips, Mario Casas, Adriana Barraza, Kate Del Castillo, Cote De Pablo, Bob Gunton, dan Gabriel Byrne.

The 33 sudah tayang di Amerika pada 13 November 2015, sedangkan di Indonesia akan ditayangkan Desember 2015.


(ELG)


Video /