DKI Kirim Metromini Rongsok ke Daerah

Whisnu Mardiansyah    •    15 Desember 2015 17:52 WIB
razia angkutan
DKI Kirim Metromini Rongsok ke Daerah
Petugas memeriksa Metromini yang tidak layak (Foto: MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengirim Metromini yang tidak layak ke luar daerah. Pelat bus itu akan dibuah menjadi hitam.
 
Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, selain dikirim ke daerah, bus yang dikandangkan akan dipotong-potong.
 
“Namun tidak semua mobil akan di potong-potong atau diubah pelat hitam. Kalau mesinnya masih layak, pemilik Metromini bisa memperbaharui KIR dan meremajakan kendaraan,” kata Andri kepada Metrotvnews.com, Selasa (15/12/2015).
 
Terkait total bus yang sudah dikandangkan, Andri enggan mengungkapkan. Karena pihaknya masih gencar melakukan razia. “Khusus Metromini ada sekitar 200 yang dikandangkan. Kalau angkutan lain masih dihimpun,” ujarnya.
 
Andri mengajak pemilik Metromini beralih ke sistem rupiah per kilometer. Menurutnya, ini adalah solusi dari Pemprov DKI Jakarta kepada pemilik Metromini. Ia mengungkapkan, dengan sistem rupiah per kilometer, sopir akan menerima gaji bulanan. Sopir tidak terbebani setoran.
 
“Kemacetan berkurang karena Metromini tidak ngetem dan sopir tidak ugal-ugalan untuk kejar setoran,” ujarnya.
 
Andri mengklaim, sopir Metromini tidak keberatan beralih ke sistem itu. Namun, pemilik Metromini keberatan karena khawatir pendapatan mereka berkurang.
 
"Kami setuju, tidak perlu pusing kejar setoran, tapi si bos tidak setuju. Pemprov DKI hanya beri 50 juta untuk mengganti  mobil baru yang sesuai standar (TransJakarta) nantinya," kata Dedi Simanjuntak, Sopir Metromini 610 trayek Blok M-Pondok Labu di terminal Blok M, Kebayoran Baru.


(FZN)


Video /