Jokowi Beri Anugerah KIP 2015 ke BTN

Dian Ihsan Siregar    •    15 Desember 2015 18:39 WIB
btn
Jokowi Beri Anugerah KIP 2015 ke BTN
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) menjadi satu-satunya yang mewakili perbankan dalam penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2015. Penghargaan langsung diberikan oleh Presiden Jokowi kepada 10 BUMN yang berhasil menjalankan KIP dengan baik. BTN pun menjadi satu-satunya bank yang masuk dalam 10 besar BUMN yang menerima penghargaan tersebut.

"Walaupun bukan sebagai pemenang tiga besar, Presiden Jokowi telah memberikan apresiasi khususnya kepada BTN dalam menjalankan KIP," jelas Direktur Utama Bank BTN Maryono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12/2015).

Maryono menjelaskan, apresiasi kepada BUMN ini sejalan dengan apa yang sudah Bank BTN lakukan terbukti dengan beberapa penghargaan menyangkut good corporate governance (GCG) dan keterbukaan informasi yang diperoleh BTN dari beberapa lembaga baik dari dalam maupun  luar negeri beberapa waktu terakhir ini.

Apresiasi KIP 2015 yang diserahkan langsung Presiden Jokowi kepada BUMN yang mendapatkan kesempatan menjadi pemenang tiga besar akan memacu semangat BTN dalam menjalankan KIP lebih baik lagi ke depan. "Semangat kami menjadi terpacu untuk melakukannya sebagai yang terbaik di masa mendatang," tuturnya.

Keseriusan manajemen, menurutnya, untuk menjalankan KIP ini sudah dilakukan sejak dicanangkan UU Nomor 14 tahun 2008 tanggal 30 April 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mulai berlaku berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 61 tahun 2010 tanggal 23 Agustus 2010 tentang pelaksanaan UU tersebut dan UU Nomor 25 tahun 2009 tanggal 18 Juli 2009 tentang pelayanan publik.

Adanya aturan untuk keterbukaan informasi dan pelayanan publik ini mendorong BTN untuk terus meningkatkan transparansi perusahaan dan membentuk perangkat pelayanan informasi publik. Dengan pelayanan informasi publik, sambungnya, maka hak masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai perusahaan, proses bisnis, laporan keuangan, tanggung jawab sosial perusahaan, tata kelola perusahaan, dan informasi lainnya terkait dengan perusahaan dapat terpenuhi.

"Kami sudah mempunyai tekad untuk memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah sebagai anggota masyarakat berkelas dunia. Ini sudah menjadi misi perusahaan untuk mewujudkannya pada 2019. Kami akan menjadikan standar layanan BTN berkelas dunia," tegas dia.

Dari beberapa yang sudah BTN lakukan, dia menekankan, dalam perbaikan layanan tersebut, paling tidak BTN mulai diperhitungkan dengan diperolehnya penghargaan dari dalam maupun luar negeri. BTN sudah diperhitungkan masuk sebagai penerima Annual Report Award 2014 di dalam negeri dan di luar negeri League of American Communication Professionals (LACP) yang memberikan penghargaan atas keterbukaan informasi.

"Ini sebuah apresiasi yang luar biasa bagi BTN dan kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan kepercayaan itu kepada BTN, sehingga masuk dalam 10 besar BUMN dalam penyelenggaraan KIP terbaik," tukas Maryono.


(AHL)


Jalani Final Liga Champions, Salah Enggan
Liga Champions 2017--2018

Jalani Final Liga Champions, Salah Enggan "Bolong" Berpuasa

1 hour Ago

Bintang Liverpool Mohamed Salah enggan "bolong" berpuasa saat menjalani final Liga Ch…

BERITA LAINNYA
Video /