KPK Harus Berinisiatif Silaturahmi dengan Kejaksaan dan Polri

Damar Iradat    •    15 Desember 2015 18:56 WIB
capim kpk
KPK Harus Berinisiatif Silaturahmi dengan Kejaksaan dan Polri
Capim KPK Surya Tjandra/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) Surya Tjandra menilai perlu ada hubungan baik antara KPK, Polri, dan Kejaksaan Agung. Hubungan tiga institusi tersebut dinilai masih jauh dari kata baik.

Pria berlatar belakang advokat itu menyebut KPK yang harus berinisiatif memperbaiki hubungan ketiganya.

"Jadi niatan atau kemauan silaturahmi, buka komunikasi, kalau inisiatif dari KPK efeknya besar," kata Surya dalam uji kepatutan dan kelayakan capim KPK dengan Komisi III DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Hingga hari ini, tambah Surya, Pimpinan KPK sama sekali belum pernah melaksanakan itu. Ini pula yang pada akhirnya menjadi salah satu biang kegaduhan di bidang hukum maupun politik.

Wakil Ketua Komisi III Benny Kabur Harman mengamini Surya. Menurut politikus Partai Demokrat ini, cara KPK selama ini lebih pada pendekatan non-kolaborasi.

"Pendekatan yang lama itu melihat polisi dan jaksa itu musuh. Karena itu ditangkap juga musuh-musuh mereka," tegas Benny.

Sementara anggota Komisi III dari Fraksi Partai Demokrat lainnya Ruhut Sitompul mengingatkan sejarah terbentuknya KPK tak lepas dari peran Kejaksaan dan Polri.

"Lahirnya KPK sejak setelah reformasi, dan kesuksesan KPK tidak lepas dari peran polisi dan kejaksaan. Untuk itu diperlukan 3S, serasi, seimbang, selaras," ujar Ruhut.

Ruhut berharap ke depan konflik antara tiga lembaga hukum negara itu tidak terjadi lagi.


(OJE)


Video /