3 Anak Telantar Brebes Rindukan Ibunya Pulang

Kuntoro Tayubi    •    15 Desember 2015 19:02 WIB
kemiskinan
3 Anak Telantar Brebes Rindukan Ibunya Pulang
Wakil Bupati Narjo saat mengunjungi tiga anak terlantar di rumah mereka di Desa Kupu, Kecamatan Wanasari, Brebes. Foto: Metrotvnews.com/Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Putri Sulung Tan Hai Lok, Ratih Ruth Tan, 14, mengaku kangen dengan ibundanya, Nuresih. Ia berharap segera bertemu. Saat ditanya keinginannya, Ratih tak banyak berkata.

Hal itu terkemuka saat pertemuan dengan Wakil Bupati Brebes Narjo yang menyambangi rumahnya di sebuah gubuk dengan alas tanah di Desa Kupu RT 06/04 Nomor 17 Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Selasa, 15 Desember.

Ia menyampaikan keinginannya untuk bisa kumpul dengan ibu dan adik-adiknya Nabila Ester, 10, dan Kevin Daniel Tan, 8,  dalam satu keluarga. “Saya ingin Mama pulang, biar bisa kumpul bareng sama kami,” ujar Ratih terbata.

Dua jam berselang, giliran mantan Bupati Brebes Indra Kusuma datang bersama istrinya Maryatun. Di hadapan Ratih dan kedua adiknya, Indra berjanji akan membiayai sekolah mereka hingga lulus SMA. Ia akan menjadi orang tua asuh mereka.

“Kami akan menyediakan dana setiap bulannya untuk keperluan uang saku sekolah, alat-alat tulis, baju seragam, sepatu dan keperluan sekolah lainnya. Untuk itu, Kevin (anak ke tiga) harus melanjutkan kembali sekolahnya yang sempat putus waktu kelas 2 SD,” kata Indra.

Kedatangan kedua tokoh daerah ini membuat semringah anak-anak yang baru ditinggal neneknya meninggal karena sakit lima hari yang lalu. Si kecil Kevin bahkan sempat tersenyum usai melirik isi amplop hasil pemberian Indra dan Narjo.

Meninggalnya sang nenek membuat mereka sengsara. Karena tak ada satu pun sanak keluarga yang bersedia membantu. Tan Hai Lok, ayah mereka sudah meninggal karena sakit enam bulan lalu. Sedangkan ibu mereka tak kunjung memberi kabar setelah empat tahun bekerja di Batam.

Ketiganya akan diasuh pak de dan tantenya. Namun, perkembangan mereka akan terus dipantau Dinas Sosial Jawa Tengah.


(UWA)