Ahok Klaim Jakarta Provinsi Paling Terbuka

LB Ciputri Hutabarat    •    15 Desember 2015 19:03 WIB
pemprov dki
Ahok Klaim Jakarta Provinsi Paling Terbuka
Aplikasi Qlue.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diklaim sebagai kota pertama yang paling terbuka dalam segala hal, termasuk birokrasi dan sistem perekrutan PNS. Program Smart City Jakarta menjadi senjata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mempublikasikan kinerjanya.
 
"Saya kira, Provinsi DKI adalah provinsi pertama di Indonesia yang paling berani open data," kata Ahok dalam sambutan Satu Tahun Smart City Jakarta  di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2015).
 
Ahok menjelaskan, indikasi sebagai provinsi paling terbuka di Indonesia dilihat dari kesiapan DKI membuka data serta kinerja PNS DKI. Warga, kata Ahok, bisa melihat langsung anggaran yang tersedia di dalam e-planning dan e-budgeting.
 
"Rapim (rapat pimpinan) juga bisa dilihat orang banyak melalui youtube. Masyarakat bisa tahu bagaimana kami naik turunkan anggaran," katanya.
 
Ahok mengaku sudah menyediakan aplikasi yang dapat digunakan warga untuk fasilitas di Jakarta. Satu di antaranya aplikasi Qlue yang selalu digadang-gadang Ahok.
 
"Kami bisa mengecek truk (sampah) di mana, alat-alat berat dimana, sampah di angkut atau tidak. Bagaimana saya bisa pantau itu semua? saya bisa lihat dari aplikasinya," ujarnya.


(FZN)