Menteri Susi Beberkan Adanya Modus Baru Terkait Kapal Eks Asing

Gervin Nathaniel Purba    •    15 Desember 2015 20:18 WIB
kapal asing
Menteri Susi Beberkan Adanya Modus Baru Terkait Kapal Eks Asing
Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti. (MI,IMMANUEL ANTONIUS).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti membeberkan adanya modus baru dari aksi penangkapan ikan secara ilegal. Modus ini bertujuan agar dapat melakukan aksinya kembali menangkap ikan secara ilegal.

Modus yang dimaksud Susi adalah para pelaku ilegal fsihing tersebut bermaksud menjual kapal milik mereka ke perusahaan Indonesia dengan dalih hibah kapal dengan harga murah. Namun, Susi mencurigai upaya tersebut hanya untuk mengganti status kapal tersebut dari eks asing menjadi kapal lokal.

"Kapal-kapal eks asing mau dijual murah ke perusahaan Indonesia supaya bisa jalan lagi. Tapi kan itu tidak bisa," ujar Susi di Kantor Pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Selasa (15/12/2015).

Selain para pelaku ilegal fishing, modus serupa juga dilakukan oleh para pejabat tinggi dari negeri sendiri. Menurutnya, pejabat tersebut juga mencari celah agar kapal eks asing bisa kembali mencuri ikan, dengan dalih ingin membeli kapal murah dalam jumlah yang besar.

"Emangnya beli duit dari mana? Modus operandi baru illegal fishing dengan hibah penjualan harga mura  supaya kapal eks asing itu bisa tangkap (ikan) lagi," jelasnya.

Dirinya menambahkan pihaknya menemukan awak kapal asing padahal status kapal tersebut merupakan kapal milik Indonesia.

"Jadi kapal Indonesia itu berangkat dari belitung dan pergi ke perbatasan Filipina, disitu ditukar nelayan asing dengan nelayan kita," pungkasnya.



(SAW)


Video /