Dikontrak Manor Marussia, Rio Haryanto Selangkah Lagi Tampil di F1

Rendy Renuki H    •    15 Desember 2015 20:21 WIB
f1
Dikontrak Manor Marussia, Rio Haryanto Selangkah Lagi Tampil di F1
Rio Haryanto (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto tinggal selangkah lagi merasakan atmosfer Formula 1.  Peluangnya tampil di F1 makin terbuka setelah tanda tangan kontrak dengan tim asal Ingrgis, Manor Marussia, Senin 14 Desember. 

Kini, pembalap 22 tahun itu tinggal menunggu verifikasi dari Federation Internationale de L'Automobile (FIA) selaku badan tertinggi otomotif dunia yang bermarkas di Italia. Jika proses verifikasi rampung, Rio dipastikan akan tampil di F1 musim depan. 

Rio Haryanto diberi kontrak oleh Manor Marussia usai tampil apik saat test drive di Yaz Marina Circuit, Abu Dhabi, awal Desember lalu. "Manor Marussia yang mengumumkan soal hal ini. Kami diberitahu oleh mereka ingin mengontrak Rio," tutur Indah Pennywati, ibunda Rio Haryanto saat dihubungi, Selasa (15/12/2015).

"Kami terus menunggu kabar dari mereka.  Hasil tes Rio bagus. Oleh karena itu Manor memberikan penawaran kepada Rio.  Manor sangat tertarik menggunakan jasa Rio untuk balap di F1 tahun depan. Tapi semua itu sekarang sedang dalam proses verifikasi," sambungnya.

Impian Rio untuk menjajal balap Formula 1 nyaris hilang karena kesulitan mendapatkan sponsor. Beruntung bagi Rio, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Menteri BUMN mengeluarkan bersedia memberikan bantuan berupa dana untuk satu musim sekitar Rp230 miliar.



(HIL)