JK: Novanto Harus Mundur

Dheri Agriesta    •    16 Desember 2015 18:30 WIB
pencatut nama presiden
JK: Novanto Harus Mundur
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Foto:MTVN/Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR Setya Novanto diminta mengundurkan diri dari jabatannya. Sebab, mayoritas anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) sepakat memberikan sanksi sedang dan berat kepada Novanto.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, dengan melihat hasil sementara, nasib Setya Novanto sudah jelas. "Harus mundur, ini keputusan, bukan mengimbau. Sesuai aturannya," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (16/12/2015).
 
JK tak ingin mengomentari sanksi yang layak diberikan kepada Novanto. Kata dia, tingkatan hukuman terserah kesepakatan anggota MKD. "Tinggal lihat siapa yang lebih banyak," kata dia.
 
JK menerima apapun keputusan yang dikeluarkan MKD. Sebab, keputusan MKD bersifat mengikat. "Mahkamah itu pakai toga, masa pakai toga tidak memutuskan. Mereka yang mulia kan," kata JK.
 
Wakil Presiden Jusuf Kalla mengikuti perkembangan sidang etik Setya Novanto usai menghadiri rapat terbatas di Istana Presiden. JK menyempatkan diri menonton sidang yang disiarkan secara langsung itu dari ruang kerjanya.
 
Seperti diketahui, 15 dari 17 anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) telah membacakan sikap dan keputusan dalam kasus dugaan pelanggaran etika oleh Ketua DPR Setya Novanto. 15 anggota MKD yang sudah membacakan keputusan, menyatakan Novanto melanggar kode etik.
 
Sebanyak enam anggota MKD memvonis Novanto melakukan pelanggaran kode etik tingkat berat dan sembilan anggota MKD memvonis Novanto melanggar kode etik tingkat sedang.


(FZN)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

6 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /