Hotel dan Restoran Diusulkan 100% Dimiliki Asing

Arif Wicaksono    •    16 Desember 2015 18:32 WIB
Hotel dan Restoran Diusulkan 100% Dimiliki Asing
Ilustrasi. MI/M Irfan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mendapatkan usulan terkait panduan investasi untuk bidang usaha hotel dan restoran yang diusulkan lebih terbuka untuk investasi asing.

Alasannya adalah masuknya investor asing untuk hotel dan restoran diharapkan dapat meningkatkan standar layanan kualitas hotel dan restoran di Indonesia. Pada akhirnya hal ini akan mendukung pergerakan pariwisata Indonesia.

Kepala BKPM Franky Sibarani menjelaskan investasi asing sudah diberikan bagi hotel bintang tiga ke atas untuk asing. Namun untuk hotel bintang satu dan bintang dua, masih dibatasi maksimal kepemilikan sahamnya 51 persen dari asing.

"Banyaknya keinginan PMA untuk menyetorkan modal yang lebih besar namun terhalang dengan keterbatasan kemampuan penyetoran modal pemegang saham lokal. Selain itu, perkembangan hotel dan restoran dapat mendukung upaya menarik wisatawan ke Indonesia," jelas Franky dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (16/12/2015).

Franky menambahkan, usulan yang disampaikan tersebut akan dibahas lebih lanjut dengan memperhatikan aspek-aspek kepentingan nasional termasuk upaya pemerintah untuk menargetkan pertumbuhan 12 juta wisatawan mancanegara di 2016.

BKPM telah menerima 454 masukan terkait rencana revisi panduan investasi. Masukan-masukan tersebut setelah dikelompokkan ke dalam sektor-sektor dan bidang usaha yang sama jumlahnya jadi 222 masukan, masing-masing sektor ESDM 23 usulan, kehutanan sembilan usulan, kesehatan sembilan usulan, keuangan satu usulan, Komunikasi dan Informatika delapan usulan, serta pariwisata dan ekonomi kreatif tujuh usulan.

Kemudian pekerjaan umum sembilan usulan, pendidikan dan kebudayaan empat usulan, perbankan satu usulan, perdagangan 32 usulan, perhubungan 36 usulan, perindustrian sembilan usulan, pertahanan keamanan enam usulan, pertanian 43 usulan, ketenagakerjaan dua usulan, dan sektor lainnya 16 usulan. BKPM mengharapkan aturan baru tentang Panduan Investasi ini dapat selesai April 2016.
(SAW)