Hujan Sepekan Pandeglang Dibayangi Banjir

Batur Parisi    •    16 Desember 2015 18:40 WIB
banjir
Hujan Sepekan Pandeglang Dibayangi Banjir

Metrotvnews.com, Pandeglang: Hujan deras sepekan ini  membuat beberapa Kecamatan di wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, banjir beberapa titik. Di antaranya, Kecamatan Saketi, Pagelaran, Sukaresmi, Labuan, Picung, dan Kecamatan Patia.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang Doni Hermawan menyebutkan, hujan dengan intensitas sedang selama beberapa hari berturut-turut menimbulkan genangan dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter di empat kecamatan di Pandeglang.

"Kami telah menerima laporan dari beberapa kecamatan telah  tergenang dengan ketinggian air rata-rata 30 hingga 50 sentimeter," kata Doni kepada wartawan, Rabu, (16/12/2015).

Genangan air itu, dianggap masih berstatus rendah dan belum masuk keperkampungan warga. Namun ada beberapa kecamatan yang memang sudah mulai berpotensi banjir, bahkan telah merendam sawah warga.

"Kami telah melakukan berbagai persiapan untuk menanggulangi banjir, salah satunya dengan membentuk tim reaksi cepat. Sejumlah instansi terkait juga telah dikoordinasikan untuk siaga menghadapi banjir," ungkapnya.

Menanggapan kejadian itu, Sekertaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Raden Yunce Dewi menyatakan bahwa BPBD Pandeglang telah menyiapkan 7 perahu karet guna menyusuri wilayah yang sulit dijangkau oleh kendaraan saat banjir.

"Selain perahu kami juga menyiapkan pompa air, tenda, dan perlengkapan kebencanaan lainnya,” sebutnya.


(MEL)