TNGM Batasi Pendakian Merapi di Malam Tahun Baru

Ahmad Mustaqim    •    16 Desember 2015 18:51 WIB
gunung berapi
TNGM Batasi Pendakian Merapi di Malam Tahun Baru
Gunung Merapi. Foto: MI/Ardi

Metrotvnews.com, Sleman: Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) akan membatasi jumlah pengunjung Gunung Merapi di malam pergantian 2015 ke 2016. Pembatasan tersebut telah dikoordinasikan dengan relawan serta tim search dan rescue (SAR) yang bertugas mengamnkan kawasan itu.

"Pendakian Gunung Merapi kita batasi hanya 2.500 pendaki," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNGM, Tri Atmojo, saat dihubungi, Rabu (16/12/2015).

Tri menjelaskan seluruh pendaki diimbau melalui jalur pemeriksaan di Pos Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Tujuannya, selain diperiksa, juga agar para pendaki bisa terdata. "Ini untuk meminimalisasi hal-hal yang tak diinginkan," katanya. 
 
Ia juga menyeru para pendaki membawa perlengkapan lengkap untuk mengantisipasi apabila turun hujan. Mengingat, dalam beberapa hari terakhir, intensitas turunnya hujan terjadi hampir setiap hari.

"Kami mengimbau pendaki mematahi peraturan yang berlaku. Ini juga sesuai rekomendasi dari BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) Yogyakarta supaya pendaki hanya bisa sampai di Pasar Bubrah," kata dia.

Sebelumnya, pendakian Gunung Merapi telah kembali dibuka pada awal Desember lalu. Pihak TNGM menjamin jalur pendakian bisa aman selama malam tahun baru dengan syarat para pendaki menaati peraturan dan arahan petugas.


(UWA)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /