Gambar Erupsi Gunung Bromo Gegerkan Warga Malang

Miski    •    16 Desember 2015 19:47 WIB
gunung berapi
Gambar Erupsi Gunung Bromo Gegerkan Warga Malang
Salah satu gambar erupsi Gunung Bromo yang beredar di internet. Foto: Istimewa

Metrotvnews.com, Malang: Status siaga Gunung Bromo yang terus menyemburkan abu vulkanik justru dimanfaatkan orang tak bertanggung jawab. Beredar beberapa foto yang menunjukkan terjadinya erupsi Gunung Bromo lima tahun silam.

Hal itu dibenarkan Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Ayu Dewi Utari. Akibatnya, banyak masyarakat menanyakan kebenaran perihal foto yang beredar di internet.

"Perlu saya klarifikasi bahwa banyak di antara gambar tersebut adalah gambar erupsi bromo 2004 dan 2010. Bukan erupsi yang terjadi tahun ini," kata dia, saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu (16/12/2015).

Ayu menyebut saat ini kondisi Gunung Bromo masih siaga. Ketinggian asap mencapai 1.250 hingga 1.500 mdpl. Arah angin barat-laut dengan kondisi asap kelabu hitam dan hujan abu di sekitar kaldera.

Ia mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya atas beredarnya gambar maupun informasi yang menyebar saat ini. "Jangan mudah percaya, setiap waktu kami dan PVMBG selalu mengabarkan kondisi terkini Bromo," kata dia.


(UWA)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /