Izin Pengelolaan Hutan Untungkan Korporasi

Media Indonesia    •    17 Desember 2015 11:07 WIB
perizinan
Izin Pengelolaan Hutan Untungkan Korporasi
Ilustrasi. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Masalah perizinan masih menjadi kendala dalam pengelolaan hutan yang ideal.

Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2007 tentang Tata Hutan dan Penyusunan Rencana Pengelolaan Hutan serta Pemanfaatan Hutan masih menyetarakan masyarakat kecil dengan pengusaha atau korporasi.

Menurut Guru Besar Kebijakan Kehutanan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) Hariadi Kartodihardjo di Jakarta, kemarin, masih ada kendala besar bagi masyarakat untuk mengelola hutan mengacu pada peraturan pemerintah tersebut.

"Tidak semua masyarakat dapat memenuhi persyaratan perizinan seperti peta dan pelegalan surat sebagai syarat legal dari sebuah perizinan usaha," ujarnya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Komisi Pemberantasan Korupsi menemukan kondisi 97 persen perizinan di kawasan hutan didominasi korporasi, sedangkan masyarakat hanya kebagian 3 persen .

Hal itu tentu saja mengkhawatirkan, apalagi berdasarkan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, pemerintah mencanangkan 12,7 juta hektare kawasan hutan untuk dikelola oleh masyarakat.

"Pemerintah sebaiknya merevisi PP Nomor 6 Tahun 2007 itu dan membuatkan substansi serta pemahaman yang lebih sederhana kepada masyarakat," ucap Hariadi.

Dia juga menyarankan agar pemerintah lebih memperkuat peran Kesatuan Pengelolaan Hutan.

Salah satunya dengan memberikan kepercayaan agar KPH dapat membuat rencana jangka panjang mengenai hutan di tiap kawasan kerjanya.

Ketua Harian Dewan Kehutanan Nasional (DKN) Andiko Sutan Mancayo sependapat terkait dengan pentingnya revisi PP Nomor 6 Tahun 2007 karena akan memudahkan pemerintah dalam menerapkan kewenangan mereka sebagai pengawas terhadap perizinan.

"Selama ini, perizinan yang dikeluarkan pemerintah dinilai masih minim pengawasan. Karena itu, harus ada penguatan dalam hal fungsi pengawasan, itu kan tanggung jawab dari si pemberi izin," tutup Andiko.


(KRI)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /