Pilkada Surabaya 2015

Risma-Whisnu Dilaporkan Rival ke Panwaslu Surabaya

Amaluddin    •    17 Desember 2015 11:09 WIB
pilkada serentak
Risma-Whisnu Dilaporkan Rival ke Panwaslu Surabaya
Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Rasiyo-Lucy.

Metrotvnews.com, Surabaya: Tim pemenangan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Rasiyo-Lucy Kurniasari akan melaporkan dana kampanye fiktif yang didapatkan pasangan calon Wali Kota Risma-Whisnu ke Panitia Pengawas Pemilu Kota Surabaya.

Menurut Liaison Officer (LO) tim Rasiyo-Lucy dana kampanye fiktif tersebut berjumlah Rp100 juta yang disumbangkan oleh dua orang bernama Triyarso dan Taufiqurrahman.

"Kami akan laporkan hari ini," kata Liaison Officer (LO) tim Rasiyo-Lucy Kurniasari, Achmad Zainul Arifin, di Surabaya, Kamis (17/12/2015).

Zainul menjelaskan tim pasangan Rasiyo-Lucy sudah menyelidiki kasus tersebut. Hasilnya diketahui bahwa dua orang penyumbang dana kampanye kepada Risma-Whisnu tergolong warga kurang mampu. Triyarso, kata dia, tinggal di Jalan Simomagerejo XI Nomor 17 Surabaya dengan kondisi rumah sangat sederhana dan masih kontrak.

"Anehnya, dia menyumbang dana kampanye sebesar Rp50 juta, ini kan tak masuk akal," katanya.

Sedangkan Taufiqurahman, penyumbang dana kampanye Rp50 juta kedua, kata dia, berprofesi sebagai sopir pribadi. "Kalau mencermati dua penyumbang ini sama-sama aneh, seharusnya kan dana itu untuk dirinya sendiri," kata dia.

Lanjut Zainul, sesuai peraturan KPU Nomor 8 tahun 2015, pasal 76 menjelaskan bahwa partai politik atau gabungan partai politik yang mengusung paslon dilarang menerima sumbangan atau pemberian bantuan yang tidak jelas identitasnya. Apabila itu dilakukan, maka bisa dikenai sanksi pembatalan semua proses KPU.

Laporan yang dilayangkan tim pemenangan pasangan Rasiyo-Lucy tentang pelanggaran tersebut rencananya akan ditembuskan ke Bawaslu Jawa Timur, Bawaslu RI, KPU Surabaya dan KPU pusat. Dia berharap kepada Panwaslu menyelidiki pelanggaran itu hingga tuntas.

"Bahkan, kalau perlu kami akan tembusi DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu RI). Kami harap Panwaslu bisa membeberkan kepada publik kejelasannya seperti apa," tandasnya.


(MEL)


Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or
Timnas Prancis

Deschamps Berharap Pemain Prancis Raih Ballon d'Or

11 hours Ago

Meski demikian ia percaya pemenang Ballon d'Or dalam 10 edisi sebelumnya, Lionel Messi dan …

BERITA LAINNYA
Video /