Jokowi Hormati Pengunduran Diri Novanto

Desi Angriani    •    17 Desember 2015 11:13 WIB
pengganti setya novanto
Jokowi Hormati Pengunduran Diri Novanto
Presiden Jokowi--Antara/Ismar Patrizkri

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menghormati keputusan pengunduran diri Setya Novanto dari jabatan Ketua DPR RI periode 2014-2019. Surat pengunduran diri Novanto diberikan melalui Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Sufmi Dasco Ahmad.

"Ya kita menghormati keputusan yang sudah diberikan Novanto," ujar Presiden Joko Widodo di Hotel Pullman, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Menurut Jokowi, keputusan Novanto tak akan mempengaruhi hubungan antara eksekutif dan legislatif. Sebab, selama ini hubungan kedua lembaga negara berjalan baik. "Enggak ada pengaruhnya, tentu hubungannya baik-baik saja," imbuh dia.

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan, tak ada masalah pribadi dengan Novanto, meski namanya dicatut di perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. Namun demikian, hingga kini belum ada komunikasi antara Jokowi dan Novanto. "Enggak ada," tambah dia.

Jokowi enggan berkomentar lebih jauh perihal calon Ketua DPR yang baru. "Enggak ada," kata Jokowi sambil berlalu.

Setya Novanto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua DPR RI periode 2014-2019. Pengunduran diri itu menyusul penanganan kasus dugaan pelanggaran kode etik Novanto yang dilaporkan Menteri ESDM Sudirman Said ke Mahkamah Kehormatan Dewan.

Dalam surat yang dilayangkan ke MKD, Rabu malam, Novanto menyatakan, keputusan pengunduran diri ini dibuat lantaran dirinya ingin menjaga harkat dan martabat Dewan. Serta menghindari kegaduhan masyarakat tidak atas kasus yang sedang menimpanya.


(YDH)


Video /