Pilkada Kabupaten Bantul

Suharsono-Abdul Halim Muslih Peraih Suara Terbanyak di Pilkada Bantul

Ahmad Mustaqim    •    17 Desember 2015 11:45 WIB
pilkada serentak
Suharsono-Abdul Halim Muslih Peraih Suara Terbanyak di Pilkada Bantul
Foto: Calon bupati Bantul, Suharsono saat menggunakan hak suaranya di TPS 42 Bangunharjo, Sewon/MTVN_Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Bantul: Rapat pleno rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menetapkan pasangan nomor urut 1, Suharsono-Abdul Halim Muslih sebagai peraih suara terbanyak dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Bantul. Rencananya, Suharsono-Abdul Halim Muslih akan ditetapkan sebagai pemenang pilkada Kabupaten Bantul, pada 21 Desember 2015.

"Kami perkirakan tidak ada gugatan karena selisih perolehan suara sebanyak 3 persen. KPU nanti hanya menetapkan. Pelantikannya dilakukan gubernur," kata Ketua KPU Kabupaten Bantul M Johan Komara, di Kabupaten Bantul, DIY, Kamis (17/12/2015).

Hasil rekapitulasi suara dalam rapat pleno KPU Kabupaten Bantul menetapkan pasangan nomor urut 1, Suharsono-Abdul Halim Muslih memperoleh 261.412 suara sah atau 52,80 persen. Sementara, pasangan petahana Sri Suryawidati-Misbakhul Munir hanya meraup 233.677 suara sah atau 47,2 persen.

Suharsono-Abdul Halim berhasil mengungguli pesaingnya di 13 kecamatan di Kabupaten Bantul. Sementara, pasangan nomor urut 2, Sri Suryawidati-Misbakhul Munir hanya memperoleh suara terbanyak di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sedayu, Pundong, Kasihan, dan Piyungan.

"Suara tidak sah ada sebanyak 28.728 surat suara. Dalam rapat pleno itu, ada kesalahan masalah administrasi dan sudah dibetulkan. Kesalahan administrasi itu tidak berpengaruh terhadap hasil perolehan suara. Keberatan dari para saksi juga tidak ada," ujar dia.

Johan menambahkan, tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Bantul sebanyak 75,56 persen. Namun, nilai tersebut justru di bawah target sebelumnya yakni 77,5 persen.

 


(TTD)


Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

Berburu Buah Tangan nan Murah Khas Rusia

1 day Ago

Rusia memilki buah tangan yang unik serta menarik untuk menjadi oleh-oleh. Cokelat dan parfum m…

BERITA LAINNYA
Video /