Kemenhub Resmikan Jalur Ganda Parungpanjang-Maja

Surya Perkasa    •    17 Desember 2015 11:48 WIB
kereta api
Kemenhub Resmikan Jalur Ganda Parungpanjang-Maja
Seorang pekerja memasang besi untuk perluasan areal stasiun kereta api Parungpanjang, Bogor, Jabar. (ANTARA FOTO/Jafkhairi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan PT KAI (Persero) meresmikan beroperasinya jalur ganda (double track) stasiun Parungpanjang-Maja sepanjang 21 kilometer (km) pada Kamis dini hari pukul 00.50 WIB.

Jalur tersebut terdiri dari enam stasiun yaitu Parungpanjang, Cilejit, Daru, Tenjo, Tigaraksa, Cikoya (shelter), dan stasiun Maja. Sehubungan dengan masih dilakukan proses pekerjaan longsoran di KM 59+650 antara Sta Tigaraksa-(Cikoya) Maja, maka untuk sementara hanya sampai stasiun Tigaraksa.

"Kami menargetkan proses pekerjaan tersebut selesai pada Januari 2016, sehingga jalur ganda ini bisa dilewati sampai stasiun Maja," ujar Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko, dalam siaran persnya, Kamis (17/12/2015).

Dia berharap pada Januari 2016 jalur ganda tersebut bisa dilewati sampai stasiun Maja, jika pekerjaan eks longsoran di Km.59+650 antara stasiun Tigaraksa-Maja bisa selesai.

"Semoga dengan dioperasikannya jalur ganda ini dapat memberikan kemanfaatan kepada masyarakat dalam menunjang aktivitas bertransportasi," tambah Hermanto.

Menurut dia, jika tahapan ini selesai maka dapat meningkatkan kapasitas lintas, di mana jalur ganda ini akan terus dilanjutkan sampai stasiun Rangkasbitung, sehingga dapat melayani mobilitas masyarakat.

Executive Vice President PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta, Apriyono Wedi Chresnanto, menambahkan, dengan dioperasikannya jalur ganda ini, dipastikan perjalanan KA akan lebih lancar.

"Karena tidak ada persilangan, yang sebelumnya hanya jalur tunggal, jadi satu jalur digunakan KA secara bergantian. Kami mengimbau agar masyarakat turut serta menjaga aset negara ini agar operasi KA dapat berjalan aman dan lancar, seperti yang kita harapkan bersama," imbuhnya.


(AHL)


Susunan Pemain Muenchen vs Madrid
Jelang Bayern Muenchen vs Real Madrid

Susunan Pemain Muenchen vs Madrid

1 hour Ago

Partai kedua dari semifinal Liga Champions akan mempertemukan antara Bayern Muenchen kontra Rea…

BERITA LAINNYA
Video /