2016, Masih akan Ada 3-4 Kenaikan Suku Bunga The Fed

   •    17 Desember 2015 12:47 WIB
the fed
2016, Masih akan Ada 3-4 Kenaikan Suku Bunga The Fed
Gubernur The Fed Janet Yellen. (FOTO: Chip Somodevilla/Getty Images/AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Federal Open Market Commitee (FOMC) memproyeksikan bahwa tingkat suku bunga Amerika Serikat (AS) akan berada di sekitar 1,4 persen pada akhir 2016.

Proyeksi tersebut menunjukkan lebih dari tiga atau empat kenaikan suku bunga AS akan dilalui pada tahun depan. Demikian seperti dilansir AFP, sebagaimana dikutip Antara, Kamis (17/12/2015).

Pengumuman kenaikan suku bunga The Fed sebesar 25 basis poin tersebut mendorong saham-saham AS sedikit lebih tinggi, di mana S&P 500 naik 0,5 persen dan dolar akhirnya sedikit berubah pada 1,0969 dolar per euro dalam 30 menit setelah pengumuman.

FOMC pun mendukung keputusan kenaikan suku bunga dengan suara bulat, dan pernyataan komite menunjuk ke perbaikan yang cukup besar dalam satu tahun terakhir di pasar tenaga kerja, dan mengatakan pihaknya meyakini bahwa inflasi akan naik, dalam jangka menengah, ke targetnya dua persen.

Selain itu, FOMC memutuskan untuk menaikkan suku bunga mengingat prospek ekonomi, dan mengakui waktunya dibutuhkan untuk tindakan kebijakan guna mempengaruhi hasil-hasil ekonomi di masa mendatang. Kepala Ekonom High Frequency Economics, Jim O'Sullivan, memperkirakan suku bunga masih akan naik lebih cepat dari yang Fed nyatakan.

"Kami tetap skeptis bahwa kecepatannya akan menjadi seperti bertahap seperti yang dinyatakan, terutama karena kami memperkirakan tingkat pengangguran tetap jatuh, akhirnya mengarah ke lebih banyak tekanan ke atas pada inflasi," pungkasnya.


(AHL)


Ganggu Final, Empat Anggota Pussy Riots Dipenjara
Piala Dunia 2018

Ganggu Final, Empat Anggota Pussy Riots Dipenjara

38 minutes Ago

Pengadilan Rusia menjatuhkan hukuman penjara selama 15 hari kepada empat anggota Pussy Riots. I…

BERITA LAINNYA
Video /